Canggih! Layanan Robotaxi Segera Diluncurkan di Dubai 2023 Mendatang

  • Whatsapp
Robotaxi Cruise Origin Dubai. (Foto: Techcrunch)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

Robotaxi merupakan taksi tanpa pengemudi atau mobil otonom (otomasi SAE level 4 atau 5) yang dioperasikan untuk perusahaan transportasi online.

NOTIF.ID, TEKNO – Layanan robotaxi akan segera diluncurkan di Dubai pada tahun 2023 mendatang. Layanan ini akan menggunakan Cruise Origin, kendaraan seperti antar-jemput listrik yang tidak memiliki roda kemudi atau pedal, dan dirancang untuk melaju dengan kecepatan jalan raya.

Read More

Dalam proyek tersebut, Cruise yang merupakan anak perusahaan kendaraan otonom GM mendapat dukungan dari SoftBank Vision Fund, Microsoft dan Honda. Dan akan mendirikan perusahaan lokal baru yang berbasis di Dubai yang nantinya akan bertanggung jawab atas penyebaran, pengoperasian dan pemeliharaan armada.

Cruise Origin yang diluncurkan pada Januari 2020 akan diproduksi oleh GM. Layanan pun akan dimulai dengan sejumlah kendaraan dengan rencana untuk meningkatkan hingga 4.000 kendaraan pada tahun 2030 sebagai bagian dari strategi transportasi swakemudi Dubai.

Direktur jenderal dan ketua dewan RTA, Mattar Mohammed Al Tayer mengatakan, Robotaxi akan diperkenalkan secara bertahap dan terbatas pada area tertentu sebelum meluas ke bagian lain kota.

Di lain pihak, Putra Mahkota Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed mengatakan, perjanjian dengan Cruise adalah “langkah besar untuk mewujudkan Strategi Transportasi Mengemudi Sendiri Dubai yang bertujuan untuk mengubah 25% dari total perjalanan di Dubai menjadi perjalanan transportasi tanpa pengemudi di berbagai moda transportasi pada tahun 2030.”

Yang penting, kata Al Tayer, Cruise memiliki kunci di Dubai setidaknya selama beberapa tahun. Berdasarkan perjanjian tersebut, Cruise adalah “penyedia eksklusif” untuk taksi tanpa pengemudi dan layanan ride-hailing di Dubai hingga 2029.

Ia pun menyebutkan, pemilihan Cruise tidak dianggap enteng dan melibatkan proses multi-tahun yang komprehensif. (*)

banner 300600

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *