Warga Sumedang Diminta Waspadai Potensi Bencana Gempa yang Dipicu Sesar Baribis 

  • Whatsapp
Ilustrasi jalan retak akibat aktivitas pergeseran kulit bumi setelah gempa. (Foto : Shutterstock)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Adang mengatakan, Sumedang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi kegempaan yang cukup tinggi. Fenomena tersebut didasarkan pada terdapatnya beberapa lokasi patahan sesar yang dikenal cukup aktif bergerak seperti Sesar Baribis.

Adang menyebutkan, tercatat gugusan sesar baribis atau potongan patahannya diduga melintas di kawasan timur Kabupaten Sumedang, yakni Kecamatan Wado, Kecamatan Jatinunggal, Kecamatan Jatigede, dan Kecamatan Tomo.

Read More

“Menurut para ahli, beberapa daerah di Sumedang rawan terjadi gempa karena masuk lintasan Sesar Baribis, terutama di wilayah timur,” kata Adang saat ditemui, Senin 1 Maret 2021.

Adang menuturkan, dengan adanya ancaman gempa tersebut, pihaknya bakal melakukan sosialisasi, memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tersebut.

“Menjadi perhatian kita, karena Sumedang memiliki potensi bencanaya tinggi,” tuturnya.

Kendati demikian, ujar Adang, pihaknya meminta masyarakat di wilayah timur Sumedang jangan khawatir dengan adanya ancaman gempa bumi tersebut karena pihaknya bakal terus melakukan mitigasi bencana.

Menurutnya, selama ini belum pernah terjadi gempa bumi di wilayah timur yang dipicu Sesar Baribis. Meski begitu, ujarnya, bencana tersebut tetap harus diwaspadai oleh masayarakat dan semua pihak.

“Kalau gempa kecil memang pernah terjadi, tapi kalau dikaitkan dengan Sesar Baribis, catatan BPBD Sumedang belum pernah terjadi. namun ketika kita (BPBD) berdiskusi dengan para ahli, sesar baribis yang perlu diwaspadai.Masyarakat harus memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tersebut, tapi mudah-mudah tidak terjadi apa-apa,” ucapnya.

Sebagai informasi Sesar Baribis ini membentang dan melintasi beberapa daerah, di antaranya Kabupaten Sumedang, Majalengka, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Cibatu (Bekasi), Jakarta, Tangerang, hingga Rangkasbitung.(kia/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *