5 Jenis Bir Ini Halal, Umat Muslim Bebas Meminumnya

  • Whatsapp
Taybeh Beer.(ynetnews.com)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, ISLAMI – Bir lumrah disebut sebagai minuman beralkohol dengan kadar yang rendah. Biar biasanya akrab dengan seorang yang bergaya kebarat-baratan. Sebab, meminum bir bisa disebut menjadi tradisi orang barat untuk menghangatkan badan.

Di dalam Islam, meminum bir hukumnya haram. Sebab, bir lumrah mengandung alkohol yang bisa membuat seseorang yang meminumnya menjadi mabuk atau hilang kesadaran sesaat. Namun, apakah kalian sudah tahu jika ada bir yang dihalalkan dalam Islam?

Read More

Berikut lima bir yang di dalam Islam dihalalkan karena tidak mengandung alkohol dan tidak membuat seseorang menjadi mabuk:

1 Coffe Beer

Coffee Beer. (Beergembira.com)

Bir ini berasal dari daerah Jombang, Jawa Timur. Bir ini cukup marak dipasaran dan cukup diminati oleh berbagai kalangan.

Coffee Beer merupakan minuman segar perpaduan kopi, karamel, dan soda. Minuman dari ekstrak biji kopi asli dengan soda atau berkarbonasi, yang biasa disebut dengan Italian Coffee Soda.

Minuman ini sudah dikenal cukup lama di daerah Jawa Timur. Kalian tidak akan susah menemukan minuman ini di daerah asalnya. Minuman yang dibuat di daerah Jombang ini konon katanya memang sudah dikenal sejak dulu.

2 Barbican

Barbican.(Amazon)

Bir asal Arab Saudi ini termasuk halal. Barbican dikonsumsi oleh kalangan muda daerah Arab.

Barbican merupakan minuman malt yang berarti terbuat dari kecambah biji-bijian serealia yang telah dikeringkan.

Tersedia dalam kemasan kaleng dan botol kaca, Barbican juga punya beberapa rasa menarik, seperti misalnya lemon dan raspberry.

3 Taybeh Beer

 

Taybeh Beer.(ynetnews.com)

Ada tiga jenis bir halal yang ditawarkan, di mana ditentukan oleh perbedaan warna dan rasanya.

Ketiga jenis bir halal tersebut adalah Dark untuk rasa malt yang intens, golden yang aromatik, dan light yang cenderung manis.

4 Bir Jawa

Bir Jawa.(beergembira.com)

Dari rasanya, Bir Jawa cenderung lebih manis terkait dengan kultur penggunaan gula yang teramat lekat di tradisi masyarakat Jawa.

Bir Jawa adalah minuman khas Yogyakarta yang merupakan minuman favorit Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan keluarga besar Keraton Kasultanan Yogyakarta. Minuman ini merupakan hasil kreasi dari Kraton Yogyakarta dan merupakan bir tanpa alkohol.

Sultan Hamengkubuwono VIII seringkali melihat kebiasaan Tentara Belanda yang gemar sekali menyesap bir untuk menghangatkan tubuh mereka. Dari sinilah ide pembuatan Bir Jawa ini kemudian muncul.

Saran terbaik menikmatinya adalah memesan dengan gula terpisah, dan mintalah jenis gula batu untuk rasa manis yang lebih berkualitas.

5 Bir Plethok

Bir Plethok.(beergembira.com)

Bir pletok pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Minuman tradisional Indonesia khas Betawi ini mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu secang dan jintan hitam, serta 100 persen tidak mengandung alkohol.

Bir pletok banyak dikonsumsi untuk menyegarkan tubuh atau membantu mengurangi gejala-gejala penyakit tertentu seperti mual, pusing dan demam. Pada umumnya, bir pletok disajikan dalam bentuk minuman siap saji berupa minuman serbuk dan effervescent tablet, dan umum dikonsumsi oleh siapapun.

Bagi kalian yang beragama Islam, silahkan mencicipi lima jenis bir diatas yang tentunya halal dan tidak memabukkan.(*/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *