Persingkat Perjalanan KA, PT KAI Berlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api Yang Baru

  • Whatsapp
Stasiun Bandung ( Foto : Humas PT KAI Daop2 Bandung )
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF. ID, KOTA BANDUNG – Dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020, waktu perjalanan kereta api (KA) akan semakin singkat dan sebagian jadwal keberangkatan KA mengalami perubahan mulai 10 Februari 2021.

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujar Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardoyo.

Read More

Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis, dalam bentuk garis dengan menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat efisiensi waktu perjalanan KA Penumpang di wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 2.504 menit dan KA Barang sebesar total 340 menit.

“Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat, seperti Contohnya  KA Malabar relasi Stasiun Malang menuju Stasiun Bandung yang perjalanannya lebih singkat 150 menit, dari sebelumnya 16 jam 16 menit menjadi 13 jam 46 menit,” ungkap Kuswardoyo.

Jumlah perjalanan KA Penumpang Daop 2 Bandung yang diakomodir pada Gapeka 2021 adalah 116 perjalanan KA per hari. Adapun perjalanan KA Barang yang dapat diakomodir adalah 8 perjalanan KA per hari.

Perubahan Gapeka dari 2019 ke 2021 sendiri memiliki berbagai faktor yang melatarbelakangi, seperti adanya dukungan prasarana berupa peningkatan kecepatan prasarana. Lalu adanya perubahan Perka, yakni adanya peningkatan kecepatan operasi pada kelas KA Argo dan kelas KA Eksekutif. Kemudian adanya amanat undang-undang No. 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian dan PP No.72 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan kereta api.

“Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut, maka perjalanan KA Penumpang dan KA Barang yang dapat diakomodir KAI mengalami peningkatan,” kata Kuswardoyo.

Kuswardoyo juga menambahkan, bahwa kini masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya  di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya.

Pengguna angkutan Kereta api juga dihimbau untuk memastikan kembali jadwal perjalanannya, karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada Gapeka 2021. Misalnya KA Argo Wilis relasi Stasiun Bandung menuju Stasiun Surabaya Gubeng yang semula berangkat dari Bandung pukul 08.40 WIB, mulai 10 Februari berubah keberangkatannya menjadi pukul 08.10 WIB atau lebih awal 30 menit.

“Kami menghimbau kepada calon pelanggan kereta api dengan keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket. Tujuannya agar pelanggan tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021,” tambah Kuswardoyo.

Pada masa transisi, seluruh jajaran internal sudah siap akan perubahan ini dengan menyiapkan peralihan pada 9 Februari serta posko di berbagai unit kerja. Tujuannya agar seluruh aspek seperti layanan tiket dan operasional kereta api berjalan lancar, selamat, aman, dan terkendali.

“Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, peningkatan serta perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan lintas baru, dan lainnya,” tutup Kuswardoyo. (FIK/TAM)

banner 300600

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *