Ya Allah! Tim SAR Temukan Dua Potongan Tubuh Korban Keganasan Longsor Cimanggung

  • Whatsapp
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Memasuki hari kelima pasca longsor, tim evakuasi dan pencarian korban longsor di Dusun Bojong Kondang RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menemukan potongan tubuh manusia yang tertimbun.

Berdasarkan informasi yang diterima Notif, potongan tubuh yang pertama ditemukan pada Selasa 12 Januari 2021. Sedangkan potongan tubuh yang kedua ditemukan pada Rabu 13 Januari 2021.

Read More

Kedua potongan tubuh tersebut saat ini tengah diindentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Biddokes Polda Jabar di Puskesms Sawah Dadap, Kecamatan Cimanggung.

“Potong tubuh yang pertama ditemukan panjangnya 103 sentimeter dengan lebar 20 sentimeter. Kita identifikasi dan karena kondisinya potongan, maka kita kerjasama dengan Muspika setempat untuk dikebumikan,” ucap Kasubbid Dokpol Biddokes Polda Jawa Barat AKBP Maman Wiratman kepada sejumlah wartawan di Puskesmas Sawah Dadap, Rabu 13 Januari 2021.

Ia menyebutkan, untuk potongan yang kedua ditemukan memiliki panjang sekitar 102 sentimeter, lebar 19 sentimeter dan tebal 4,5 sentimeter.

Menurutnya, dua potongan tubuh ersebut merupakan jaringan kulit dan otot.

“Tim DVI Biddokes Polda Jabar saat menerima kantong mayat itu, di dalamnya sudah seperti potongan tubuh,” kata dia.

Kendati demikian, ujar dia, pihaknya belum bisa memastikan penyebab korban longsor tersebut ditemukan dalam kondisi tubuh yang tidak utuh, hingga ditemukan potongannya saja.

Namun, lanjut Maman, potongan tubuh tersebut merupakan potongan tubuh manjsia. Sebab, kata dia, pihaknya memiliki ahli forensik yang bisa membedakan mana potongan tubuh manusia atau bukan, sehingga pihaknya langsung mengambil sampel DNA dari keluarga korban longsor.

“Sebanyak 28 sample DNA sudah kita ambil. Jika terindentikasi kita akan serahkan kepada keluarganya,” tuturnya.(kia/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *