Tim SAR Terkendala Cuaca Buruk Dalam Evakuasi Korban Longsr Cimanggung

  • Whatsapp
Evakuasi korban longosr Cimanggung Sumedang, Selasa 12 Januari 2021/ (SAR Bandung)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Proses pencarian korban longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menemui sejumlah kendala.

Tim SAR gabungan saat ini terus bekerja untuk mencari puluhan korban yang diduga masih tertimbun material longsor.

Read More

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, proses pencarian korban, Tim SAR menemui kendala. Kndala yang paling signifikan, kata Deden, cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pergerakan tanah semakin besar yang menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi.

“Material longsor yang cukup tebal menyulitkan tim di lapangan untuk melakukan pencarian,” kata Deden di Cimanggung, Rabu 13 Januari 2021.

Meski begitu, lanjut Deden, Tim SAR gabungan tetap optimis dan semangat dapat memaksimalkan pekerjaan dan berharap agar korban satu persatu bisa ditemukan walau dalam keadaaan yang terbatas.

“Kami tetap optimis satu persatu dapat ditemukan dan dievakuasi,” ucapnya.

Dikatakan Deden, Tim SAR gabungan akan melakukan pencarian korban yang tertimbun di sekitar lokasi kejadian dengan membagi menjadi 3 sektor dan 2 shift, yakni sektor 1 yang berlokasi di rumah yang menggelar hajatan sebanyak 50 personil, sektor 2 berlokasi di dekat Masjid An-Nur sebanyak 50 personil, dan sektor 3 berlokasi di lapangan Voly sebanyak 50 personil.

“Sistem shift dilakukan untuk menjaga kekuatan personil agar tetap prima dan menjaga agar personil tidak terlalu kelelahan yang dapat menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan pencarian dan evakuasi korban,” kata Deden seraya menyebut hingga kini jumlah korban meninggal dunia sebanyak 16 Orang. korban selamat 25 orang dan korban dalam pencarian sebanyak 24 orang. (kia/mrb)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *