Bikin Merinding, Kesaksian Keluarga Pesta Pernikahan Sebelum Longsor Cimanggung Menerjang

  • Whatsapp
Proses evakuasi korban lonsor Sumedang oleh Tim SAR Basarnas.(dok. Basarnas)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Bencana tanah longsor telah meluluh lantahkan kawasan Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu 9 Januari 2021.

Didin Komarudin (58), warga dusun Cipareuag, RRlT02/06, Desa Sukadana, Kecamatan Cimangung, sekaligus keluarga yang hendak melangsungkan pesta pernikahan di kampung tersebut mengakui sempat mendapatkan perasaan tidak enak sebelum peristiwa tersebut terjadi.

Read More

Didin menceritakan, dirinya sempat bermimpi ada yang berkelahi di tempat pesta pernikahan anak saudaranya itu digelar.

Menurut Didin, awalnya ia hendak bergegas ke rumah saudaranya yang menggelar hajatan itu. Namun, kata Didin, ia mengurungkan pergi lantaran kawasan tersebut diguyur hujan deras.

“Saat itu hujan deras, lalu saya terlelap tidur, dan saya bermimpi ada yang berkelahi di rumah saudara saya, dan ada yang berteriak meminta tolong, kemudian saya mendapat informasi jika rumah saudara saya itu tertimbun longsor,” kata Didin ditemui Notif di lokasi longsor, Senin 11 Januari 2021.

Menurut Didin, Kusnandar (50), dan Anih (40) merupakan pasangan suami istri yang hendak melangsungkan pernikahan anak bungsunya yang bernama Indri pada Minggu 10 Januari 2021.

“Alhamdulillah, calon pengantin wanita beserta kakaknya berhasil menyelamatkan diri. Sementara kedua orang tuanya hingga saat ini masih belum ditemukan keberadaannya,” ucapnya.

Didin memperkirakan, sedikitnya 13 anggota keluarganya turut tertimbun material longsor yang pertama.

“Ada 13 anggota keluarga saya masih dalam pencarian,” ucapnya.

Ia menambahkan, total anggota keluarga yang tertimbun nyaris 20 orang.

“Kurang lebih ada 20 orang yang tertimbun di rumah saudara saya yang akan menggelar hajatan itu, karena pas kejadian longsor tengah ada yang bertamu dan ada kuga yang sedang memasak untuk hajatan,” tuturnya.

Ia berharap seluruh keluarganya itu bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

“Mudah-mudahan ditemukan selamat. Kalaupun ditemukan sudah meninggal, jenazahnya cepat ditemukan. Kami hanya bisa pasrah,” ujarnya. (kia/kia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *