12 Manfaat Makan Telur Puyuh, Dapat Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

  • Whatsapp
Khasiat Telur Puyuh. (Foto: net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Tahukah kalian mengenai khasiat dari telur puyuh? kandungannya yang kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak, lutein, kolin, dan masih lagi zat penting lainnya, ternyata sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut, Notif ulas manfaat telur puyuh untuk kesehatan dari berbagai sumber.

Read More

1. Meningkatkan Penglihatan

Dengan mengonsumsi telur puyuh akan mengurangi risiko degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak pada mata.

Beberapa vitamin memang terkandung di dalam telur puyuh khususnya vitamin A. Seperti yang diketahui, vitamin A sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan serta menjaga penglihatan seseorang tetap sehat.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain meningkatkan metabolisme, telur puyuh juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang.

Kandungan yang terdapat di dalam telur puyuh secara efektif membantu membersihkan racun serta logam berat yang menyatu dengan darah.

3. Meningkatkan daya ingat

Telur puyuh juga mampu meningkatkan aktivitas otak serta daya ingat seseorang.

4. Mengatasi Sakit Perut

Telur puyuh telah dikenal sebagai salah satu obat rumahan yang kerap diandalkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Mulai dari gastritis, tukak lambung ulkus duodenum dan masih banyak lainnya. Sebab, telur puyuh memiliki senyawa antioksidan serta basa yang tinggi.

Jika dikonsumsi secara teratur, telur puyuh ini mampu menjaga masalah pencernaan dan mampu mengendalikan sistem percernaan agar tetap stabil.

5. Mengatasi Alergi dan Peradangan

Keistimewaan dari telur puyuh ini yaitu memiliki kandungan ovomucoid di dalamnya.

Ovomucoid merupakan salah satu jenis protein yang berfungsi untuk menghambat reaksi alergi pada tubuh seseorang.

Karena keistimewaan tersebut, protein ini kerap dijadikan sebagai bahan dasar obat anti alergi.
Selain alergi, telur puyuh juga bisa mengatasi peradangan serta kongesti pada seseorang.

6. Mencegah Penyakit Kronis

Telur puyuh memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi, membuat telur puyuh mampu membantu mencegah beberapa penyakit masuk ke dalam tubuh.

Secara signifikan, telur puyuh mampu membantu mencegah munculnya beberapa penyakit kronis.
Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Memperlambat Penuaan

Percaya atau tidak, telur puyuh dapat membantu memperlambat gejala penuaan terutama pada organ di dalam tubuh.

Kaya akan antioksidan, selenium, asam lemak vital serta vitamin membuat telur puyuh dijadikan sebagai agen anti-penuaan yang sangat sempurna.

Tenang saja, tidak hanya organ dalam tubuh saja, manfaat tersebut juga bisa dirasakan langsung oleh kulit baik wajah maupun tubuh. Namun tetap, untuk mendapatkan hasil maksimal kalian harus mengonsumsinya secara teratur setiap harinya.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Perlu untuk diketahui, telur puyuh memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Salah satu jenis mineral ini diketahui mampu membantu meredakan ketegangan yang terjadi di arteri ataupun pembuluh darah.

Dengan fakta tersebut, telur puyuh mampu secara signifikan dapat menjaga tekanan darah tetap stabil terkendali.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

High Density Lipoprotein (HDL) membentuk setidaknya lebih dari 60% lemak di dalam telur puyuh. Asam lemak tersebut secara signifikan membantu meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik.

Kendati sangat baik bagi jantung, telur puyuh mampu bisa sangat berbahaya bagi penderita kolesterol. Sebab kolesterol di dalam telur puyuh sangat tinggi, sehingga bagi kalian yang tengah memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya hindari mengonsumsi telur puyuh secara berlebih.

10. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Tahukah kalian, jika telur puyuh memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi? Seperti yang diketahui, ternyata telur puyuh memiliki kandungan zat besi merupakan salah satu jenis kandungan yang memiliki peranan penting dalam mengatasi anemia.

Anemia merupakan suatu kondisi dimana kadar sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya atau tidak mengandung hemoglobin yang cukup.

Mengonsumsi telur puyuh secara teratur, telur puyuh akan meningkatkan kadar hemoglobin.

11. Meningkatkan Metabolisme

Telur puyuh diketahui mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sanagt efektif dalam meningkatkan aktivitas di sistem metabolisme seseorang.

Tidak hanya di bagian tertentu saja, namun semua metabolisme di seluruh tubuh. Vitamin B juga mampu meningkatkan fungsi enzimatik serta hormone kalian.

12. Mencegah Kanker

Kandungan yang dimiliki oleh telur puyuh memang diklaim mampu untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Tingkat risiko tubuh terkena penyakit kanker akan bisa diminimalisir secara efektif.

Mengonsumsi telur puyuh, maka secara tidak langsung kesehatan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit yang membahayakan bagi tubuh seperti kanker. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *