13 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

  • Whatsapp
Buah naga/PIXABAY
Perkiraan waktu baca: 4 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Selain memiliki warna yang menarik karena bentuknya yang terlihat eksotis, rasanya juga manis segar. Buah naga punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh yang berhasil dirangkum Notif dari berbagai sumber:

Read More

1. Mencegah Osteoporosis

Jenis buah naga merah juga memiliki kandungan berbagai mineral penting bagi tubuh. Diantara berbagai jenis mineral tersebut seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dimana sangat bermanfaat dalam memperkuat tulang serta gigi. Khasiat buah naga merah ini dapat memperkecil kemungkinan tubuh terkena osteoporosis.

2.  Mencegah Anemia

Salah satu khasiat dari buah naga merah yang lainnya yaitu kemampuannya dalam mencegah dan mengatasi kekurang sel darah merah atau yang biasa disebut anemia. Dengan mengonsumsi buah naga merah secara rutin dan teratur, maka akan semakin menurunkan risiko terkena anemia. Hal tersebut karena buah naga memiliki kandungan zat besi yang cukup besar, dimana kandungan zat besi tersebut merupakan zat yang menjadi elemen penting dalam pembentukan sel darah merah.

3. Menurunkan Berat Badan

Ketika sedang dalam proses penurunan berat badan, mengisi perut dengan makanan yang kaya akan kandungan serat dapat membuat perut lebih lama merasa kenyang. Mengonsumsi buah naga, selain memiliki kandungan serat yang sangat banyak, juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, sehingga akan sangat baik jika dikonsumsi ketika masa program diet. Namun, harus diperhatikan jumlah konsumsinya, karena bagaimanapun makan berlebihan akan berpotensi menaikkan berat badan.

Mengingat kandungan fiber atau serat pada buah naga cukup tinggi, maka hal tersebut akan sangat berguna dalam membantu lancarnya pencernaan dan juga dapat menjadi obat konstipasi atau sembelit. Hal tersebut karena serat memang berguna dalam mengencerkan feses agar lebih lunak dan mudah keluar dari saluran pembuangan pada tubuh.

4. Mencegah Kanker

Buah naga merah, layaknya buah merah lainnya, ternyata juga mengandung lycopene. Zat lycopene sendiri pada buah naga merah memiliki fungsi yaitu untuk bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga itu sendiri. Kandungan dari lycopene juga terbukti mampu menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Kandungan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2 pada buah naga merah juga dapat membantu dalam mengeluarkan racun logam dari tubuh yang memang menjadi penyebab dari kanker. Selain beberapa kandungan yang disebutkan di atas, buah naga merah juga kaya akan kandungan zat antioksidan hytoalbumin yang dapat membantu dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lycopene pada buah naga merah, selain memiliki fungsi sebagai zat yang dapat mencegah kanker juga mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena kandungan dari biji buah naga yang ternyata sangat kaya akan lemak omega 3 serta omega 6, dimana kedua jenis lemak omega tersebut mampu membantu tubuh untuk meringankan gangguan kardiovaskular.

6. Mencegah Diabetes

Kandungan gula yang ada pada buah naga merah sangat sedikit dan baik jika dikonsumsi pasien penderita diabetes. Selain itu, buah naga merah juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi dalam mencegah terjadinya diabetes mellitus. Kandungan antioksidan tersebut dapat membunuh sel jahat yang biasa disebabkan karena pola hidup serta pola makan yang tidak sehat. Namun, walaupun kadar gulanya rendah harus tetap dalam batasan normal ketika mengonsumsinya.

7. Meringankan Gangguan Pernafasan

Dengan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang ada pada biji buah naga merah, tentu sangat berguna dalam menjaga kesehatan pernafasan.

Buah naga merah yang dikonsumsi dengan tepat juga akan berguna dalam meringankan berbagai gangguan respirasi. Dan apabila Anda merupakan penderita asma atau sedang mengalami batuk yang tidak kunjung berhenti, maka akan terbantu dengan konsumsi buahh naga merah ini. Namun, bukan berarti buah naga merah merupakan obat utama untuk menghilangkan asma.

8. Meningkatkan Imunitas

Buah naga merah memang sudah sangat jelas memiliki kandungan vitamin C, dan seperti yang sudah khalayak luas ketahui, jika vitamin C merupakan zat yang membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dari serangan penyakit baik dari virus maupun bakteri. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga merah bisa meningkatkan imunitas tubuh Anda.

9. Menyehatkan usus

Satu potong buah naga dapat mengandung hingga 7g serat. Makan sepotong buah naga sudah memenuhi sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan (25-30g).

Jumlah ini ampuh seperti untuk membersihkan usus. Jika sembelit, potong dan nikmati buah naga sebagai solusinya.

10. Baik untuk jantung

Buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik bagi jantung. Dalam omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, nyeri sendi, hingga depresi.

11. Menjaga kesehatan tulang

Buah naga mengandung banyak magnesium sehingga dapat menjaga kesehatan tulang, terutama pada wanita pascamenopause.

12. Memperlancar aliran darah

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung banyak zat besi. Hal ini penting untuk produksi hemoglobin yang membantu sel darah merah dalam menggerakkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

13. Menyehatkan rambut, kulit, dan kukuBuah naga juga mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi bisa merangsang pertumbuhan rambut dan secara bersamaan mendukung kulit dan kuku yang sehat. (kia/kia)

(Sumber : Berbagai sumber)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *