Susah BAB Ganggu Aktivitas? Ini Dia Cara Mengatasinya Sesuai Anjuran Dokter

Ilustrasi sulit BAB atau sembelit. (Foto: health.qld.gov.au)

NOTIF.ID, HEALTH – Sulit untuk buang air besar (BAB) atau sembelit merupakan masalah pencernaan yang umum terjadi. Namun, hal ini sangat menyebalkan ketika kita sedang melakukan aktivitas rapat, menjadi pembicara di suatu acara atau berada dalam perjalanan.

Tidak sedikit orang yang mengalami kondisi ini saat bepergian jauh. Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh berubahnya rutinitas harian kita saat melakukan kegiatan atau bepergian jarak jauh. Atau mungkin, ketika ada rasa ingin buang air, kita malah menahannya karena tidak nyaman jika harus BAB di tengah-tengah aktivitas. Akhirnya, kita pun mengalami sembelit.

Tak hanya itu, stres karena harus menghadapi situasi seperti rapat, bertemu klien penting juga dapat membuat kita semakin susah BAB.

Biasanya jadwal BAB yang normal adalah 3 kali seminggu, tapi beberapa orang nampak mempunyai jadwal yang berbeda-beda, ada yang rutin jadwal BAB sehari 2 kali, atau lebih dari itu, namun ada pula yang tidak terjadwal sama sekali. Bila kalian merasa rutinitas buang air besar berkurang dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa kita sedang sembelit.

Nah, Cara ampuh atasi sembelit saat kita beraktivitas diluar ruangan, sebenarnya tidak berbeda dengan cara yang umumnya dilakukan. Hanya saja, kita perlu menyesuaikan dengan situasi kita. Dengan cara mengusahakan agar feses menjadi lunak, Sembelit atau sudah BAB dapat diatasi dengan cara sebagai berikut. Yuk kita simak!

  • Minum Air Putih yang Banyak

Susah buang air besar dapat disebabkan feses yang mengeras. Karena feses tidak mengandung cukup air ketika masuk ke usus besar. Menurut para peneliti kesehatan, minum air putih atau air mineral yang cukup akan menghindarkan kita dari kondisi sembelit.

Umumnya, minum delapan gelas sehari dapat mencukupi kebutuhan cairan selama satu hari. Tetapi, tergantung dari bagaimana kita mengukur kebutuhan air di dalam tubuh kita, jika ada kemungkinan kita memerlukan lebih dari 8 gelas sehari. Kurangnya cairan dalam tubuh, dapat kita ukur dengan melihat warna urine. Jika urine berwarna kuning pekat, itu tandanya kita masih kekurangan cairan.

  • Lakukan Olahraga Rutin

Cobalah untuk olahraga atau latihan fisik setiap harinya. Aktivitas fisik bisa berpengaruh juga pada gerakan otot di dalam usus kita loh. Setidaknya berjalan kaki selama 15-30 menit setiap hari dapat membantu memperbaiki pencernaan. Sehingga susah buang air besar dapat teratasi dengan lancar.

Misalnya, gerakan olahraga yang paling praktis dan mudah dilakukan seperti forward lunges. Caranya, posisikan satu kaki maju ke depan, turunkan pinggul hingga kaki belakang hampir menyentuh lantai. Tahan selama 5 detik dan lakukan pengulangan sebanyak 5 kali untuk tiap kaki.

  • Menambah asupan serat

Asupan serat yang cukup dapat membuat feses menjadi lebih lunak dan memperlancarnya bergerak lebih cepat di dalam usus. Asupan serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar nampaknya perlu kita tambahkan pada setiap menu makan kita. Selain itu, roti gandum dan sereal juga bisa menjadi pilihan.

Namun, lakukan penambahan jumlah serat secara bertahap. Hal ini karena peningkatan asupan serat secara dadakan dapat membuat perut kita nantinya penuh gas, sehingga terasa perut terasa kembung.

  • Selalu Sediakan Waktu Untuk BAB

Saran dari para ahli kesehatan, sebenarnya Kita harus dibiasakan untuk meluangkan waktu yang cukup untuk BAB. Kenapa? agar rutinitas tersebut menjadi kebiasaan yang dapat membantu memperlancar buang air besar, dan jangan juga untuk menunda-nunda buang air besar.

  • Minum Obat Pencahar

Cara mengatasi susah BAB selanjutnya adalah minum obat pencahar. Kita bisa menggunakan obat pencahar tablet yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.
Minum obat ini membantu melunakkan feses dan mengaktifkan usus untuk bergerak aktif sehingga mempermudah kita untuk mengeluarkan feses. Pastikan selalu baca aturan pakai dan minum obat sesuai dosis yang dianjurkan.

  • Berendam Air yang Dicampurkan Garam Inggris

Cara ini termasuk unik untuk kita coba saat susah BAB. Bila kalian tahu Garam Epsom atau yang dikenal sebagai garam Inggris, bila kita coba campurkan garam dengan air akan menjadi magnesium dan sulfat. Nah, magnesium dan sulfat inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi susah buang air besar. Caranya, Cukup kita berendam dengan campuran garam Inggris tersebut maka air garam akan meresap ke dalam tubuh.

Garam Inggris ternyata dapat meningkatkan gerak pencernaan usus, sehingga membuat tinja kita lebih lunak. Cara penggunaannya dengan mencampurkan 3-5 sendok garam ke dalam bak mandi atau bathtub berisi air hangat, kemudian berendam dengan santai.

Selain berendam, campuran garam Inggris dengan air minum, ternyata ampuh juga untuk mengatasi susah BAB. Caranya, campurkan sekitar 250 ml air putih dengan 6 sendok teh garam Inggris, aduk rata, dan diminum. Untuk anak-anak usia 6–11 tahun, disarankan dengan menggunakan takaran 2 sendok teh. Tetapi metode ini tidak efektif untuk jangka panjang dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.

  • Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Kalian dapat mencampur satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas susu atau air jeruk, atau dapat juga ditambahkan sebagai campuran salad.

Perlu diingat, tidak semua orang diperbolehkan minum minyak zaitun sebagai cara mengatasi susah buang air besar, terutama wanita hamil dan anak-anak. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. (*)

Sumber: Hellosehat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here