KPU Kabupaten Bandung akan Coret 7 Calon PPK Jika Terbukti Berafiliasi ke Parpol

Logo KPU
Logo KPU

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – 7 orang nama calon anggota PPK hasil temuan Bawaslu Kabupayen Bandung yang tengah menjalani seleksi untuk Pilbup Bandung 2020 dan diduga berafiliasi ke parpol akan segera dikaji oleh KPU Kabupaten Bandung.

Komisioner KPU Kabupaten Bandung Supriatna mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan panitia seleksi untuk memuluskan pencarian nama 7 orang calon anggota PPK yang dinilai bermasalah itu. Pasalnya, KPU Kabupaten Bandung baru menyelesaikan tahapan wawancara untuk seleksi calon anggota PPK.

“Maka dari itu kami akan komunikasikan dulu. Apalagi kemarin kan saat seleksi ada pembagian tim,” kata Supriatna, Selasa 11 Februari 2020.

Menurut dia, temuan Bawaslu Kabupaten Bandung tersebut cukup berharga bagi KPU Kabupaten Bandung. Sebab, temuan tersebut dianggap sebagai saran dan kritikanm

“Pada prinsipnya mengawal pelaksanaan pemilu itu termasuk menentukan unsur penyelenggaranya adalah tanggung jawab bersama,” tuturnya.

Menurut dia, jika setelah dilakukan kajian dan ditemukan ada pelanggaran, maka 7 nama orang calon anggota PPK itu akan dicoret oleh KPU Kabupaten Bandung.

Akan tetapi, jika mereka dinyatakan sudah tidak aktif di parpol selama lebih dari lima tahun maka masih diperbolehkan mendaftar sebagai calon PPK.

Diberitakan sebelumnya, jajaran Bawaslu menemukan adanya tujuh calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilbup Bandung 2020 yang tengah menjalani seleksiĀ berafiliasi dengan partai politik.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Hedi Ardia mengatakan penemuan tujuh calon PPK itu karena namanya ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang menjadi rujukan KPU untuk verifikasi peserta pemilu.

“Atas hal ini Bawaslu Kabupaten Bandung merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Bandung agar mempertimbangkan mereka (7 orang) dipilih jadi penyelenggara Pilkada,” ujar Hedi kepada wartawan, Senin 10 Februari 2020.(put/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here