Baru Tersorot Kembali di Televisi China, Xi Jinping Intruksikan Pemerintah Cegah PHK Besar-besaran

Presiden Xi Jinping telah mengkonsolidasikan begitu banyak kekuasaan sehingga ketakutan birokrasi China bertindak tanpa perintahnya, sebuah situasi yang awalnya menghambat tanggapan Beijing terhadap pneumonia Wuhan. (Nikkei montage / Reuters / Akira Kodaka via asia.nikkei.com)

NOTIF.ID, INTERNASIOANAL – Diberitakan oleh televisi pemerintah China, pada hari Senin 10 Februari 2020, bahwa Presiden China, Xi Jinping mengatakan, pemerintahnya akan mencegah PHK skala besar di tengah wabah virus Corona yang melanda negeri komunis tersebut.

Sementara Perdana Menteri Li Keqiang, telah memimpin upaya untuk mengakhiri krisis tersebut dan mengunjungi kota Wuhan tempat epidemi dimulai.

Presiden Xi Jinping memang baru muncul ke publik ketika pertama kalinya epidemi tersebut muncul dan merebak, sebagian besar tak pernah disorot selama wabah.

Xi terlihat tengah melakukan kontak video-chat dengan staf medis garis depan di Wuhan, memeriksa upaya para pekerja dari komunitas di Beijing untuk mengatasi virus Corona dan mengunjungi sebuah rumah sakit setempat untuk perawatan pasien virus Corona.

Baca Juga:   Hati-hati! Malware Trickbot Curi Data Pribadi Berkedok Informasi COVID-19

“Kita harus memiliki keyakinan bahwa kita pada akhirnya akan memenangkan pertempuran melawan epidemi ini,” kata Xi kepada staf medis, selama kunjungan ke rumah sakit Ditan, Beijing, China.

Menurut rekaman dari penyiar negara CCTV, dengan mengenakan masker bedah, suhu badan Xi Jinping tengah diperiksa oleh seorang pekerja komunitas dan terlihat melambaikan tangan ke penghuni di apartemen.

Wabah Virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 900 orang tersebut, telah memaksa pemerintahan China untuk memperpanjang hari libur di pusat-pusat manufaktur di Beijing dan memberlakukan kontrol populasi yang parah di sejumlah kota-kota besar yang memperburuk perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Xi juga mengatakan, bahwa Cina akan berusaha untuk memenuhi target ekonomi dan sosialnya untuk tahun ini dan melakukan penyesuaian ekonomi untuk meminimalkan dampak virus.

Baca Juga:   Roket Long March 3B yang Mengangkut Satelit Palapa N1 Milik Indonesia Meledak di Langit China

Ia mengatakan di televisi pemerintah China, Dirinya akan tetap mengambil langkah-langkah tegas untuk menghentikan penyebaran virus tersebut di Wuhan, provinsi Hubei dan sekitarnya.

Xi juga kini telah muncul di acara-acara pemerintah tingkat tinggi lainnya dalam beberapa minggu terakhir. Dirinya terlihat menerima kunjungan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen minggu lalu, dan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada akhir Januari. (*)

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here