Film “Parasite” Bergenre Satire Gelap Ini, Menangkan Predikat Film Asing Terbaik di Oscar 2020

Film "parasite", yang disutradarai Bong Joon Ho asal Korea Selatan. Berhasil menyabet 4 piala penghargaan pada Oscars 2020. (foto: maxresdefault)

NOTIF.ID, FILM – “Parasite,” merupakan sebuah genre film satir gelap tentang sosial dari Korea Selatan yang memenangkan Oscar untuk film terbaik pada Minggu, 9 Februari 2020. Dengan berhasil menyabet empat Oscar, termasuk Bong Joon Ho sebagai sutradara “Parasite”, yang memenangkan kategori sutradara dan skenario terbaik, sebagai fitur film internasional.

Film “Parasite,” merupakan sejarah Perfilman dalam bahasa asing selain bahasa Inggris yang memenangkan Oscar di industri film dunia. Bercerita tentang kesenjangan antara sikaya dan miskin di Seoul modern ini. Keluarga Ki-taek yang beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram tengah  menanti mereka.

Ketika suatu hari, Ki-woo anak laki-laki tertua direkomendasikan oleh sahabatnya yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas bergengsi. Menganjurkan agar Ki-woo menjadi guru les yang dapat dibayar mahal dan membuka secercah harapan penghasilan tetap.

Bong Joon Ho di acara Oscars 2020, pada Minggu, 9 Februari 2020. (Foto: detik.net.id)

Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara. Setibanya di rumah Mr. Park pemilik perusahaan IT global, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo, wanita muda yang cantik di rumah itu. Setelah pertemuan tersebut, mulailah serangkaian kejadian yang tak terduga.

Sebelumnya, tak ada film yang pernah memenangkan film fitur internasional dan gambar terbaik di Oscar selain dari film “parasite”. Hal ini merupakan sebuah sejarah, dari hasil pencapaian yang luar biasa untuk film berbahasa asing yang diputar dengan subtitle Inggris di Amerika Serikat yang dapat mengalahkan film seperti, Martin Scorsese dan Quentin Tarantino yang digarap oleh studio besar yang merupakan veteran Hollywood.

Panggung Oscar kini dipenuhi oleh aktor dan pembuat film dari Korea Selatan. Salah satu co-produser “Parasite”, Kwak Sin Ae mengaku dirinya sangat terkejut dapat menyabet empat Osacar sekaligus.

“saya tidak bisa berkata-kata. Kami tidak pernah menyangka ini akan terjadi. Kami sangat senang. Saya merasakan ini adalah sebuah momen yang sangat tepat dalam sejarah yang sedang terjadi saat ini,” katanya.

Dia kemudian memberikan penghormatan kepada empat calon sutradara, dengan mengatakan, “Saya ingin mendapatkan gergaji Texas dan membagi Oscar menjadi lima dan membagikannya kepada Anda semua.” kata Bong sambil menatap patung emas Oscar tersebut dengan takjub. (*)

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here