Rumah warga di Sumedang Rusak Akibat Pergerakan Tanah, Penghuni Disuruh Mengungsi

Runah seorang warga di Dusun Cisahang RT 02/04 Desa Cipandawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang, rusak akibat pergerakan tanah.(ist)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Empat rumah warga di Dusun Cisahang RT 02/04 Desa Cipandawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengalami kerusakan karena pergerakan tanah. Akibatnya, para penghuni rumah terpaksa harus diungsikan.

Yedi, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mengatakan, peristiwa pergerakan tanah yang merusak rumah warga itu terjadi saat hujan yang mengguyur daerah tersebut dengan intensitas tinggi pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, Kamis 6 Februari 2020.

“Dalam peristiwa tersebut, dinding rumah milik warga retak dan anjlok dengan kedalaman sekitar 1 meter lebih, dan satu kolam dan rumah warga mengalami pergeseran yang cukup signifikan,” kata Yedi dalam keterangannya, Jumat 7 Februari 2020.

Baca Juga:   Mengenaskan, Begini Kondisi Agus yang Tewas Setelah Terlindas Truk di Tanjungsari

Dikatakan Yedi, panjang retakan tanah sekitar 100 meter dan lebar retakan bervariasi, mulai 10 hingga 20 sentimeter. Sementara itu agar tidak menimbulkan korban jiwa, warga yang terdampak sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Kami memengimbau kepada warga agar berhati hati dan meningkatkan kewaspadaan, karen kemungkinan akan terjadi pergerakan tanah susulan,” kata dia.(kia/mrb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here