Tunggu Serah Terima, Pemkot Usul agar Stadion GBLA Diuji Cobakan Dulu

Wakil Wali Kota BAndung, Yana Mulyana.(notif.id)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Pemkot Bandung mengusulkan agar Stadion GBLA diuji cobakan terlebih dahulu sambil menunggu proses serah terima. Pasalnya, jika tidak digunakan stadion yang berlokasi di Gede Bage itu bisa kembali rusak pascadiperbaiki.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, usulan uji coba itu dilakukan karena Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono telah menyetujui penggunaan Stadion GBLA. Sehingga sebelum digunakan untuk pertandingan resmi, ada baiknya diujicobakan terlebih dahulu.

“Saya sudah sampaikan kapasitas GBLA itu 38.000 orang. Coba dulu dengan 5.000 penonton. Selanjutnya 10.000 penonton. Kursinya juga ada nomornya, kita bisa lihat areal yang dianggap aman,” tukas Wakil Wali Kota Bandung Yana Muyana, usai meninjau Pasar Kordon, Senin 3 Februari 2020.

Baca Juga:   [Kamp Interniran] Nasib Belanda Ditangan Jepang dan Bangkitnya Perlawanan Bangsa Indonesia

Menurut dia, uji coba dengan jumlah penonton terbatas sangat memungkinkan, terlebih kursi di Stadion GBLA bernomor. Sehingga setiap penonton bisa duduk di tempat yang telah ditentukan.

“Sebelumnya Pak Menteri sudah sampaikan bahwa tahun 2015 itu sudah ada SLF (Sertifikat Layak Fungsi) untuk GBLA pada konstruksinya aman. Namun memang ada beberapa kerusakan,” ujar Yana.

“Setelah itu, saya pikir proses ke kepolisian dari pihak panpel (panitia pelaksana), Pemkot hanya menjamin beberapa zona, karena sudah siap dengan SLF-nya. SLF itu juga tidak expired, tapi untuk jangka sekian lama,” katanya.

Selama proses serah terima, Yana berharap kegiatan di Stadion GBLA tetap bisa berlangsung. Dirinya meminta agar pemanfaatan aset jangan sampai terganggu.

Baca Juga:   Bentuk Lampu Solar Tree yang Artistik, Taman Alun-alun Bandung Tambah 'Caang Baranang'

“Kalau terlalu lama tidak digunakan pasti rusak,” ucap Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen memastikan, Stadion GBLA layak fungsi. Terlebih telah ada jaminan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Serah terima masih dalam proses seperti yang disampaikan Pak Wakil Wali Kota, dari Adhi Karya juga sedang mengupayakan. Ini proyek tahun 2015, secara administrasi ada yang belum selesai,” kata dia. (boy/ell)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here