Posisi Rossi Digantikan Fabio, ‘The Doctor’ Akan Buktikan Jawabannya di Trek MotoGP

Fabio Quartararo mampu menjadi tercepat di sesi Warm Up MotoGP Prancis 2019, Valentino Rossi ke-10. (foto: MotoGP via GridOto.com)

NOTIF.ID, SPORT – Fabio Quartararo telah dikontrak oleh Yamaha pada Rabu, 29 Januari 2020 dan akan menggantikan posisi Juara dunia MotoGP sembilan kali, yakni Valentino Rossi pada musim balap 2021 nanti.

Fabio Quartararo dikabarkan akan mendampingi Maverick Vinales pada Yamaha Factory Racing MotoGP pada musim 2021. Keputusan menaikan kelas Quartararo ke Yamaha Factory Racing MotoGP sebenarnya bukan kejutan.

Quartararo telah menjalani debutnya yang fenomenal di MotoGP 2019, dan dirinya berhasil mencetak tujuh kali naik podium, lima di antaranya sebagai runner-up dan dua kali di peringkat tiga, pada debutnya di kelas premier bersama Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Selain itu, Quartararo tampil gesit di kualifikasi dengan menduduki enam pole position musim lalu dan beberapa kali terlibat duel sengit dengan Marc Marquez. Quartararo menyelesaikan musim pertamanya di peringkat lima klasemen dan meraih gelar pembalap tim independen terbaik sekaligus rookie terbaik di tahun itu.

Baca Juga:   Dua Pebalap Petronas Yamaha SRT Pimpin Start MotoGP Jerez

Disisi lain, ‘The Doctor’ akan tetap menjalani kontraknya dengan Yamaha di musim ke 15 nya sebagai pembalap tim Yamaha Factory Racing 2020 ini sebelum dirinya digantikan oleh Fabio Quartararo.

“Sebelum itu, saya membutuhkan sejumlah jawaban yang hanya bisa dijawab di trek dan oleh beberapa balapan pertama,”

“Saya senang, jika saya memutuskan untuk lanjut, Yamaha siap untuk mendukung saya dalam semua hal, memberi saya motor spesifikasi pabrikan dan kontrak pabrikan,” kata Valentino Rossi.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, turut mendukung dan menghargai keputusan Valentino Rossi.

“Di saat kami memiliki rasa hormat dan keyakinan yang tinggi terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Valentino pada kejuaraan tahun 2020, pada saat yang sama Yamaha juga memiliki rencana untuk masa depan,” kata Jarvis di laman resmi tim, pada Rabu 29 Januari 2020.

Baca Juga:   Marc Marquez Juarai MotoGP Jerez, Quartararo Gagal Finish

Yamaha akan tetap menjamin Rossi dengan memberinya motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan untuk membalap dan dukungan teknis. Bila ia memutuskan untuk pensiun, Yamaha juga akan melanjutkan kolaborasi bersama Rossi sebagai ambassadornya di luar trek.

Sebelum seri perdana musim ini dimulai di Qatar 8 Maret 2020, Vinales dan Valentino Rossi akan menjalani serangkaian tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6 Februari 2020 mendatang. (*)

Sumber: Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here