Gimana Enggak Sakti! Keringat Mempunyai Banyak Fungsi Bagi Tubuh

Ilustrasi berkeringat saat olahraga. (foto: permanentmakeup-specialist.com)

NOTIF.ID, HEALTH – Setelah kita melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga, dan melakukan kegiatan di luar ruangan saat cuaca panas atau pun makan-makanan pedas. Pastilah tubuh kita akan mengeluarkan keringat.

Proses keluarnya keringat pada tubuh kita menandakan bahwa tubuh bergerak sebagaimana mestinya. Terutama saat panas, suhu tubuh berpusat pada otak terutama pada bagian hipotalamus, mengirimkan sinyal pada kelenjar untuk memproduksi keringat.

“Penguapan keringat pada kulit tersebut berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Singkatnya, keringat seperti sebuah AC yang menjaga suhu tubuh agar tetap stabil,” Ungkap Barbara J. Holtzclaw, dekan Universitas Oklahoma di Amerika Serikat.

Ternyata proses berkeringat pada tubuh manusia sangat penting bagi kesehatan. Nah, berikut beberapa fungsi dari keringat bagi tubuh kita yang dikutip dari Allwomenstalk.com. Yuk!

Keringat Berfungsi Untuk Mengeluarkan Racun

Dengan keluarnya keringat dai tubuh kita, ternyata dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang berbahaya. Tubuh tidak lagi mudah terkena penyakit akibat racun yang menumpuk di tubuh kita.

Berkeringat Dipercaya Dapat Membersihkan kulit
Kulit merupakan organ yang paling luar dari tubuh. Dengan berkeringat, pori-pori kulit akan membuka dan membersihkan debu yang menutupinya. Kulit pun dapt menjadi lebih lembut dan sehat.

Fakta Pria dan keringat

Sebuah penelitian di Jepang pernah mengungkapkan sebiuah fakta bahwa wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak daripada pria. Namun, pria justru menghasilkan jumlah keringat yang lebih besar.

Berkeringat Dapat Menurunkan Berat badan

Ternyata keringat tak hanya berfungsi untuk membersihkan kulit saja, Berkeringat juga memberi peranan penting bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, dengan berkeringat, proses metabolisme akan menjadi lancar dan membakar lemak pada tubuh kita.

Membuat Tubuh Rileks

Hormon endorfin yang diproduksi untuk memperbaiki suasana hati, salah satunya Keringat. Ketika otot dipanaskan dan berkeringat, tubuh akan mengeluarkan stres dan lelah dan membuat tubuh lebih rileks.

Keringat dapat Mencerdaskan Otak

Para peneliti mengungkapkan seuah fakta, bahwa jika kita berolahraga secara maksimal dan mengeluarkan keringat mampu menyehatkan otak dan membuatnya lebih pintar.

Sistem Imun yang Kuat

Berkeringat sangat ampuh meningkatkan sistem imun bagi tubuh. Karena, ketika berkeringat suhu tubuh akan meningkat dan sel darah putih semakin banyak diproduksi.
Begitu saktinya fungsi keringat bagi tubuh kita, makanya bila tubuh tidak mengeluarkan keringat, justru berbahaya bagi tubuh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here