Mata Sakit Akibat Lihat Layar Terlalu Lama? Coba Metode 20-20-20 Ini

Ilustrasi Ikuti aturan 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata sejenak dari melihat layar setiap 20 menit. (Foto: Globalplanet.news)

NOTIF.ID, HEALTH – Apa kalian tahu, bila kita banyak menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer dan alat digital lainnya bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan mata kita.

Di era digital saat ini, komputer dan perangkat digital lainnya menjadi hal yang penting bagi kita untuk menerima berbagai informasi dengan cepat. Apa lagi jika menyangkut pekerjaan yang mengharuskan kita terus menatap layar komputer lebih dari 9 jam sehari.

Dikutip dari Hellosehat.com, sebuah studi dari National Eye Institute, Prevent Blindness, dan Get Eye Smart menjelaskan bahwa umumnya secara alami seseorang berkedip 18 kali per menit. Namun, jika seseorang yang menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya hanya berkedip 9 kali per menit.

Hal tersebut bisa membuat mata menjadi sakit, biasanya gejala yang sering terjadi meliputi tegang pada saraf otot mata, tidak fokus, iritasi yang menyebabkan mata kering atau basah, penglihatan mata menjadi ganda atau blur, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya dan nyeri di leher, pundak, atau punggung.

Sekitar 10 juta orang melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya. Dari 50%-90% pekerja yang bekerja menggunakan komputer, sebagian banyak mengalami keluhan computer vision syndrome (CVS).

CVS merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh terlalu fokusnya mata menatap layar komputer atau perangkat tampilan lainnya untuk periode waktu yang lama tanpa terputus. Hal ini yang mengakibatkan otot-otot mata tidak dapat pulih dari ketegangan, bahkan dapat menyebabkan mata sakit atau menjadi sangat lelah.

Mata lelah yang berkepanjangan bisa merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa metode untuk mencegah CVS, yakni dengan menggunakan metode 20-20-20.

Metode 20-20-20 dirancang oleh ahli kacamata California Jeffrey Anshel sebagai pengingat untuk mengistirahatkan dan mencegah ketegangan mata.

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, pada dasarnya metode ini digunakan dimana seseorang mengambil jeda 20 detik dari melihat layar setiap 20 menit. Selama istirahat, orang tersebut harus memfokuskan mata pada objek yang berjarak 20 kaki untuk melemaskan otot-otot mata. Seperti:

  • Melihat sesuatu yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.
  • Biar tidak lupa, pasang note yang bertuliskan “Berkedip!” di komputer kalian.
  • Tetapkan waktu istirahat yang rutin, dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara.
  • Lakukan perawatan kecil pada mata.
  • Kompres mata yang lelah atau kering dengan handuk hangat (saat mata tertutup).
  • Gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat terasa kering.
  • Untuk membantu mencegah mata kering saat bekerja di dalam ruangan, gunakan pembersih udara untuk menjadi filter debu dan meningkatkan kelembapan udara.

Sebagai contoh, atur alarm untuk setiap 20 menit saat bekerja, sebagai pengingat untuk istirahat, lalu fokuskan pandangan pada suatu objek di luar ruangan yang berjarak 20 kaki, dan tutup mata selama 20 detik setiap 20 menit untuk mendorong produksi air mata.

Metode 20-20-20 merupakan cara yang dianggap efektif untuk mengurangi ketegangan mata yang disebabkan oleh melihat layar digital untuk waktu yang lama.

Jika sakit mata masih berlanjut setelah mencoba menggunakan metode 20-20-20 dan metode pencegahan lainnya. Dianjurkan kalian segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here