Ini Kata Oded Tentang Fatwa Larangan Masjid Dijadikan Tempat Tinggal Warga Terdampak Rumah Deret

Wali Kota BAndung, Oded M Danial. (Foto: istimewa)

NOTIF.ID, BANDUNG – Masjid Al Islam di Kecamatan Bandung Wetan dijadikan tempat tinggal sementara warga terdampak pembongkaran bangunan di RW 11 Keluarahan Tamansari, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Fenomena tersebut kemudian menjadi sorotan MUI Bandung Wetan. MUI Bandung Wetan pun mengeluarkan fatwa agar seluruh masjid yang berada di Kecamatan Bandung Wetan agar digunakan sebagaimana fungsinya.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menuturkan, apa yang dilakukan oleh MUI Bandung Wetan sudah melalui kesepakatan dengan Forkopimda Bandung.

“Fatwa itu keluar setelah ada kesepakatan dengan Forkopimda. Masjid harus dijadikan tempat ibadah. Bukan tempat tinggal,” ujar dia di Balai Kota Bandung, Selasa 21 Januari 2020.

Menurut dia, MUI Bandung Wetan sudah mengeluarkan surat edaran yang berisi penyalahgunaan Masjid Al Islam karena digunakan sebagai tempat tinggal oleh pengungsi warga terdampak rumah deret Tamansari.

Surat edaran itu, kata dia, dikeluarkan pada 16 Januari 2020. Keluarnya surat edaran itu merupakan tindak lanjut atas surat edaran MUI Kota Bandung terkait penggunaan masjid.

“Maka dari itu MUI Bandung Wetan meminta seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengembalikan fungsi masjid seperti semula,” ucap dia.

Pemkot Bandung sendiri saat ini tengah mencari solusi terkait persoalan tersebut. Kata Oded, Pemkot Bandung sempat berkomunikasi dengan warga. Hasilnya, beberapa diantaranya tetap menolak dan cenderung seperti melawan.

“Sudah pada tua, saya memaksa juga susah. Yang penting MUI sudah mengimbau agar fungsi masjid dikembalikan seperti semula,” kata dia.(fan/mrb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here