Masyarakat Diminta Waspada, Hujan Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Jawa Barat

Ilsutrasi hujan.(net)

NOTIF.ID, BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat diminta waspada meski dalam beberapa hari ini hujan tidak turun. Sebab, BMKG mempridiksi adanya potensi hujan lebat yang akan mengguyur Jawa Barat.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Klas I Bandung Toni Agus Wijaya mengatakan, tidak turunnya bhujan selama beberapa hari terakhir ini dikarenakan adanya cuaca cerah berawan.

Cuaca cerah berawan ini disebabkan adanya badai tropis di wilayah timur yang berdekatan dengan Australia. Hal ini memengaruhi pola angin di beberapa wilayah di Jawa Barat.

“Tapi ini hanya sesaat, kalau gangguannya sudah punah atau hilang maka kita kembali ke musim hujan yang normal atau rutin. Apalagi bulan Januari dan Februari ini, kan, puncak musim hujan,” ujar Tony, seusai rapat koordinasi di Markas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Selasa 14 Januari 2020.

Menurut Tony, munculnya fenomena ini dikarenakan adanya badai tropis Claudia dan Blake di sekitar Australia yang membuat pola angin berubah dan menyebabkan curah hujan berkurang. Badai ini bersifat hanya sesaat. Setelah itu, kata dia, hujan akan kembali turun. Dia mengatakan, curah hujan yang prediksi terjadi dapat melebihi 50 milimeter per jamnya.

“Jadi badai ini hanya sebentar. Paling lama dua hari lagi badai tropisnya punah atau hilang maka kita kembali lagi ke musim hujan lagi. Ini baru Januari. Di Februari nanti juga masih tinggi curah hujannya maka perlu diantisipasi,” ucap dia. (put/ras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here