Cara Ampuh Atasi Sakit Pinggang Dengan Bahan Tradisional, Jahe Salah Satunya

NOTIF.ID, HEALTH – Sakit pinggang bukanlah sesuatu yang mematikan. Namun, sakit pinggang dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari.

Cara mengobati sakit pinggang tidaklah sulit dan dapat dengan mudah dilakukan. Kamu tidak perlu merintih kesakitan di rumah karena terdapat beberapa cara mengobati sakit pinggang yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, yakni, membiasakan posisi duduk yang benar dan tidur dengan posisi miring agar pinggang tidak semakin sakit.

Selain itu, sakit pinggang pun dapat diobati dengan rempah-rempah yang ada di sekitaran rumah kamu.

Berikut adalah beberapa obat tradisional yang dapat mengobati sakit pinggang :

1. Daun Dewa

Ambil beberapa lembar daun dewa yang sudah dicuci bersih, jahe merah, akar sawi langit dan temu hitam. tambahkan air dan rebus semua bahan sampai mendidih hingga airnya tersisa setengah dari air sebelumnya.

Minumlah ramuan ini selagi masih hangat dan minum secara teratur setiap hari supaya sakit pinggang yang anda rasakan berkurang.

2. Daun Sirsak

Ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar dicuci sampai bersih. Kemudian, tambahkan air dan rebus hingga mendidih.

Konsumsilah air daun sirsak yang sudah direbus sebanyak tiga perempat gelas setiap hari untuk mengobati sakit pinggang anda.

3. Akar dan Daun Kumis Kucing

Rebus akar dan daun tanaman kumis kucing yang sebelumnya telah dicuci bersih. Rebuslah sampai air rebusannya menjadi setengahnya. Diamkan selama semalaman kemudian minum keesokan harinya.

4. Asam Jawa

Siapkan asam jawa dan 4-8 rimpang umbi halia. Rimpang umbi halia adalah tanaman yang masih dalam keluarga jahe dan temulawak. Cuci bersih umbi halia kemudian dihaluskan dengan cara diparut. Setelah itu, masukkan asam jawa secukupnya, aduk sampai merata dan oleskan pada bagian tubuh atau pinggan yang sakit.

5. Jahe

Siapkan jahe yang telah dicuci bersih dan diiris tipis, alkohol 75 persen dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Campurkan semua bahan tersebut dan fermentasikan selama dua minggu. Setelah dua minggu, gunakan ramuan atau larutan tersebut untuk mengoles bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri.

6. Bawang Merah

Siapkan akar bawang merah, jahe merah dan buah sun boi an angco atau kurma cina, kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

7. Jagung

Ambil rambut jagung kemudian cuci sampai bersih, siapkan jahe merah, adas dan buah takokak. Buah takokak biasa disebut terung pipit karena buah ini masih tergolong ke dalam terung-terungan. Tambahkan air satu liter kemudian rebus sampai mendidih hingga air menjadi setengahnya.

Minumlah ramuan ini selagi masih hangat supaya sakit pinggang yang anda rasakan segera menghilang.

8. Bawang Putih

Cara pembuatannya hampir sama dengan membuat ramuan obat oles yang terbuat dari bawang merah, caranya yaitu siapkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah dan larutan alkohol 75 persen. Campurkan semua bahan dan rendam selama 2 minggu.

Setelah 2 minggu, ramuan ini bisa anda gunakan sebagai obat oles untuk pinggang anda yang terasa nyeri atau sakit.

9. Kunyit

Rempah berwarna kuning ini mengandung curcumin, antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas atau molekul yang bisa merusak sel dan jaringan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus kunyit dan meminum air rebusannya, sama seperti membuat teh. Tak hanya sebagai obat sakit pinggang alami saja, air rebusan kunyit kerap dijadikan penangkal rasa sakit untuk keluhan lain.

10. Cengkeh

Tak hanya untuk memberi rasa pada makanan, cengkeh juga bisa menjadi obat sakit pinggang alami. Kandungan alami pada cengkeh adalah eugenol, pereda rasa sakit alami yang banyak digunakan pada obat penghilang rasa sakit di pasaran. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang mengalami sakit pinggang. Meski demikian, pasien yang juga mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya berhati-hati karena minyak.(*)

Sumber : Berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here