BNPB: Abu Vulkanik Gunung Api Taal di Filipina, Tak Berdampak ke Indonesia

  • Whatsapp
Gunung Taal Filipina erupsi (Foto: Associated Press via Sura.com)
Gunung Taal Filipina erupsi (Foto: Associated Press via Sura.com)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) memastikan bahwa Indonesia tidak akan terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Api Taal pulau Luzon, Filipina yang terjadi pada Minggu 12 Januari 2020.

Dilansir dari CNNIndonesia, BNPB memantau melalui InaWARE, bahwa abu vulkanik dari erupsi Gunung Api Taal terpantau menjauhi wilayah Indonesia. Abu vulkanik dari erupsi Gunung Api Taal dikabarkan mengarah ke Samudera Pasifik dari kawah yang terletak di tengah Danau Taal.

Read More

Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan abu erupsi jatuh ke wilayah yang paling dekat dengan kawah, meliputi Tagaytay, Batangas, dan Cavite.

Debu vulkanik akan menyelimuti Silang dan Amadeo di Cavite dan Calamba, Santa Rosa dan San Pedro City di Provinsi Laguna.

Demi keselamatan dan kesehatan, beberapa sekolah dikawasan Calabarzon, Luson Tengah dan Metro Manila akan diliburkan. Sebanyak 6.000 penduduk yang tinggal di pulau gunung dievakuasi. Tidak hanya itu, puluhan ribu penduduk di kawasan pesisir danau juga ikut dievakuasi.

Phivolcs juga memberi keterangan potensi terjadinya tsunami bisa saja terjadi jika gunung tersebut mengalami longsor dan menyebabkan gelombang tsunami, dan status peringatan telah dinaikkan hingga ke level 5. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *