Hai Penggemar Kopi, Ini Dia Rahasia Para Atlet Sebelum Berolahraga

v
Ilustrasi minum kopi sebelum berolahraga.

NOTIF.ID, HEALTH – Banyak dari kita meminum segelas kopi untuk memulai aktivitas supaya lebih bersemangat. Tapi ternyata, ada fakta unik kalau para atlet profesional di sela-sela menu diet mereka, meminum kopi sebelum melakukan latihan olahraga.

kopi ternyata memiliki manfaat kesehatan dan meningkatkan performa jika diminum sebelum olahraga, Dilansir dari Hellosehat, Berikut manfaatnya:

1. Mencegah nyeri otot

Menurut sebuah penelitian dari University of Illinois dan University of Georgia di Amerika Serikat (AS), minum kopi kira-kira satu jam sebelum berolahraga mampu mencegah nyeri otot dan bisa mengurangi rasa nyeri hingga 48 persen.

Dengan begitu, meminum kopi sebelum berolahraga dikatakan akan lebih nyaman, terutama jika kita sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga:   Cara Ampuh Atasi Sakit Pinggang Dengan Bahan Tradisional, Jahe Salah Satunya

2. Melancarkan sirkulasi darah

Para ahli dari University of Ryukyus di Jepang berhasil membuktikan bahwa minum kopi mampu melancarkan sirkulasi darah hingga sebesar 30 persen.

Semakin lancar aliran darah, seluruh bagian tubuh seperti jaringan-jaringan otot dan tulang akan mendapatkan suplai oksigen dan sel darah putih yang cukup. Hal tersebut akan membantu kerja otot dan tulang selama aktif bergerak atau berolahraga.

3. Meningkatkan ketahanan fisik

Dalam Journal of Applied Physiology, sebuah penelitian menunjukkan jika minum kopi sebelum olahraga bisa membantu meningkatkan ketahanan fisik. Pasalnya, kafein dalam kopi memang mampu menyegarkan pikiran serta membuat penikmatnya merasa lebih bertenaga.

Jadi, meminum kopi sebelum olahraga bisa mengefektifkan tubuh kita supaya tidak mudah lelah dan lebih menikmati latihan setiap hari.

Baca Juga:   Hai Pecinta Kopi, Kompetisi Kopi Digelar Pekan Ini di Soreang, Datang Yuk...

Namun, ada beberapa aturan yang harus diingat jika ingin mendapatkan seluruh manfaat kopi semaksimal mungkin. Berikut aturan aman minum kopi sebelum mulai berolahraga:

1. Minum kopi satu jam sebelum olahraga

Usahakan minum kopi saat bangun pagi, sebelum berolahraga. Kafein dalam kopi butuh waktu setengah jam sampai satu jam untuk diserap sempurna oleh tubuh.

2. Jangan tambah susu sapi atau gula

Penelitian menunjukkan manfaat terbaik muncul bila kopi diminum tanpa susu atau gula. Dikatakan, susu sapi akan diproses lebih lama oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan resiko gangguan pencernaan saat berolahraga. Kopi yang terlalu manis juga dapat membuat gula darah tidak stabil.

Baca Juga:   10 Orang Warga Sumedang Keracunan Minuman Penambah Vitalitas

3. Tetap minum air putih

kopi bersifat diuretik atau memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan baik itu lewat keringat maupun lewat kencing. Jadi ingat, selama berolahraga sebaikanya tetap banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

4. Minum kopi dan olahraga secara rutin

Jika kalian rutin menjalani olahraga yang diawali dengan secangkir kopi setiap hari, tubuh akan semakin mudah menyesuaikan. Tubuh juga jadi mampu membaca sinyal untuk tidak mengeluarkan cairan tubuh terlalu banyak saat berolahraga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here