Tepat ‘Wulan Kepitu’ Bromo Bebas Kendaraan Bermotor

warga suku Tengger menggendong kambing untuk dilarung ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, (Foto: Zabur Karuru/ANTARA via Bisnis.com)
warga suku Tengger menggendong kambing untuk dilarung ke kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, (Foto: Zabur Karuru/ANTARA via Bisnis.com)

NOTIF.ID, TRAVEL – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan Bulan Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Month (CFM) pada 24 Januari-24 Februari 2020.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, CFM diberlakukan untuk menghormati Wulan Kepitu yang diperingati oleh masyarakat Tengger.

“Wulan Kepitu adalah bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger dan merupakan bulan yang oleh sesepuh atau tokoh masyarakat Tengger dianggap sebagai bulan yang disucikan atau megengan wulan kepitu,” kata John.

Pada bulan itu, sesepuh tokoh masyarakat Tengger akan melakukan puasa yang bertujuan untuk menahan sifat duniawi dan fokus mendekatkan diri pada sang pencipta.

CFM akan diberlakukan mulai 24 Januari 2020 pukul 00.00 WIB hingga 24 Februari 2020 pukul 00.00 WIB.

Pada bulan diberlakukannya CFM di Bromo, wisatawan yang membawa kendaraan bermotor akan dibatasi hingga Pintu Masuk Coban Trisula Kabupaten Malang dan Pintu Masuk Senduro Kabupaten Lumajang di Jemplang, Pintu Tengger Laut Pasir Kabupaten Probolinggo di Cemorolawang, dan Pintu Masuk Resort Gunung Penanjakan Wonokitri Kabupaten Pasuruan di Pakis Bincil.

Tempat wisata Gunung Bromo masih bisa di akses dengan menunggangi kuda (wajib menggunakan kantong kotoran kuda), sepeda, tandu, dan jalan kaki.

Selama CFM, akan dilakukan pengamanan di pintu-pintu masuk dengan dukungan personil dari Balai Besar TNBTS, perwakilan adat masyarakat Tengger, TNI, Polri, dan mitra Balai Besar TNBTS. John berharap dukungan dari semua pihak terkait yaitu pelaku pariwisata, hingga wisatawan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here