Tiga Korban Tertimbun Tanah Longsor di Bogor Belum Ditemukan

  • Whatsapp
Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian tiga orang korban yang tertimbun material longsor di Kampung Bener, Desa Harjatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Sabtu 11 Januari 2020.(ist)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, BOGOR – Tiga orang korban tertimbun material longsor yang terjadi di Kampung Bener, Desa Harjatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor masih belum ditemukan hingga hari ke-10, Sabtu 1q Januari 2020.

Ketiga korban yang saat ini masih dalam proses pencarian Tim SAR Gabungan yaitu, Amri (60), Saroh (25) dan Cicih (5). Ketiga korban tertimbun material longsor pascabanjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan tersebut pada 1 Januari 2020.

Read More

“Hingga pukul 12.00 WIB, belum ada tanda-tanda letak jasad korban. Sudah 10 titik yang dideteksi namun hasilnya masih nihil,” kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah.

Menurut Deden, berbagai upaya telah dilakukan semaksimal mungkin oleh Tim SAR Gabungan. Salah satunya melakukan pencarian korban dengan dua alat pendeteksi Ground Panatatring Radar (GPR).

“Alat ini bisa mendeteksi material dalam tanah hingga kedalaman 2,5 meter,” kata dia.

Selain menggunakan GPR, ujar Deden, pencarian korban juga dilakukan dengan menerjunkan dua alat berat. Pada proses pencarian, Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 6 SRU dengan masing-masing 3 SRU dalam satu sektor dan 4 Safety Car.

“Kami juga masih melakukan pencarian korban dengan cara penyemprotan tanah dan penggalian secara manual,” ujar Deden yang mengatakan jumlah personel Tim SAR Gabungan sebanyak 152 orang.

Deden mengatakan, proses pencarian korban memang diperpanjang selama 3 hari dari SOP pencarian 7 hari maksimal. Perpanjangan massa pencarian diperpanjang karena mempertimbangkan beberapa faktor.

“Ada permintaan dari keluarga korban dan menunggu informasi dari desa-desa lain yang butuh evakuasi dan pencarian korban,” kata dia.(put/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *