Pangeran Harry dan Meghan, Mundur dari Anggota Senior Kerajaan Inggris

  • Whatsapp
Pangeran Inggris Harry dan Meghan ikut serta dalam parade Trooping the Color di London Pusat, Inggris (8/6). (Foto: Hannah Mckay via Reuters)
Pangeran Inggris Harry dan Meghan ikut serta dalam parade Trooping the Color di London Pusat, Inggris (8/6). (Foto: Hannah Mckay via Reuters)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, – Pengumuman mengejutkan mengenai keputusan mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle dari anggota senior Kerajaan Inggris telah diunggah Pangeran Harry dan Meghan lewat akun Instagram @sussexroyal.

Diberitakan AFP, Pangeran Harry dan Meghan menyebut keputusannya diambil setelah melakukan diskusi selama berbulan-bulan.

Read More

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan akan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sembari terus mendukung Yang Mulia Ratu sepenuhnya,” kata mereka dalam pernyataan resminya.

Mundur dari anggota keluarga kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan menyatakan akan berusaha menyeimbangkan waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara.

https://www.instagram.com/p/B7EaGS_Jpb9/?utm_source=ig_web_copy_link

Ratu Elizabeth II menanggapi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan melalui juru bicaranya. Dikatakan bahwa pihaknya masih melakukan diskusi dengan Pangeran Harry dan Meghan terkait hal tersebut.

“Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda. Namun ini adalah isu yang sangat rumit, yang membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” katanya.

Diberitakan Daily Mail, jika keputusan bulat mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle dari anggota senior Kerajaan Inggris. Harry akan kehilangan seluruh pemasukan dari pemerintah dan kerajaan Inggris yakni Sovereign Grant.

Sovereign Grant adalah dana pemerintah yang diambil dari pajak rakyat untuk seluruh pengeluaran keluarga kerajaan Inggris. Nilainya untuk 2020-2021 adalah 85,9 juta pound sterling (Rp 1,5 triliun).

Ratu Elizabeth menjatahkan uang setiap tahunnya 5 juta pound sterling (Rp 90 miliar) untuk kedua cucunya, Pangeran William dan Harry.
Untuk Harry diperkirakan dana yang dia dapatkan adalah 2 juta pound sterling (Rp 36,3 miliar) per tahun. Ini belum termasuk uang yang diberikan oleh ayah mereka, Pangeran Charles, yang nilainya juga hampir 5 juta pound sterling.

Namun, walaupun tak lagi menyandang anggota senior kerajaan, Harry dan Meghan memiliki kekayaan sendiri yang berlimpah.

Nilai kekayaan Harry mencapai 30 juta pound sterling (Rp 545 miliar), yakni lebih dari 20 pound sterling (Rp 363 miliar) warisan dari mendiang Putri Diana dan aset bernilai sekitar 7 juta (Rp 127 miliar) peninggalan buyutnya, Sang Ibu Suri Elizabeth Bowes-Lyon.

Meghan sendiri masih memiliki kekayaan senilai 4 juta pound sterling (Rp 72 miliar). Sebelum menikahi Harry, dia adalah aktris dan model terkenal yang bisa dibayar hingga 150 ribu pound sterling (Rp 2,7 miliar) untuk sekali penampilannya.

Kedepannya, ketenaran nama Harry dan Meghan diperkirakan akan mendapatkan uang dari penampilannya di publik. Mereka juga memiliki merek situs Sussex Royal yang juga menjual merchandise seperti t-shirt dan majalah.

Untuk tempat tinggal, mereka tetap akan menempati rumah mewah Frogmore Cottage milik Ratu Elizabeth. Karena milik Ratu, setiap pengeluaran rumah itu masuk dalam anggaran kerajaan.

Walau mundur dari anggota senior kerajaan, dia masih akan berstatus “Dilindungi secara internasional” dan mendapatkan perlindungan dari Kementerian Dalam Negeri Inggris. Karena Harry masih merupakan anggota kerajaan Inggris. (*)

banner 300600

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *