Pangeran Harry dan Meghan, Mundur dari Anggota Senior Kerajaan Inggris

Pangeran Inggris Harry dan Meghan ikut serta dalam parade Trooping the Color di London Pusat, Inggris (8/6). (Foto: Hannah Mckay via Reuters)
Pangeran Inggris Harry dan Meghan ikut serta dalam parade Trooping the Color di London Pusat, Inggris (8/6). (Foto: Hannah Mckay via Reuters)

NOTIF.ID, – Pengumuman mengejutkan mengenai keputusan mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle dari anggota senior Kerajaan Inggris telah diunggah Pangeran Harry dan Meghan lewat akun Instagram @sussexroyal.

Diberitakan AFP, Pangeran Harry dan Meghan menyebut keputusannya diambil setelah melakukan diskusi selama berbulan-bulan.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan akan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sembari terus mendukung Yang Mulia Ratu sepenuhnya,” kata mereka dalam pernyataan resminya.

Mundur dari anggota keluarga kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan menyatakan akan berusaha menyeimbangkan waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara.

View this post on Instagram

“After many months of reflection and internal discussions, we have chosen to make a transition this year in starting to carve out a progressive new role within this institution. We intend to step back as ‘senior’ members of the Royal Family and work to become financially independent, while continuing to fully support Her Majesty The Queen. It is with your encouragement, particularly over the last few years, that we feel prepared to make this adjustment. We now plan to balance our time between the United Kingdom and North America, continuing to honour our duty to The Queen, the Commonwealth, and our patronages. This geographic balance will enable us to raise our son with an appreciation for the royal tradition into which he was born, while also providing our family with the space to focus on the next chapter, including the launch of our new charitable entity. We look forward to sharing the full details of this exciting next step in due course, as we continue to collaborate with Her Majesty The Queen, The Prince of Wales, The Duke of Cambridge and all relevant parties. Until then, please accept our deepest thanks for your continued support.” – The Duke and Duchess of Sussex For more information, please visit sussexroyal.com (link in bio) Image © PA

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on

Ratu Elizabeth II menanggapi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan melalui juru bicaranya. Dikatakan bahwa pihaknya masih melakukan diskusi dengan Pangeran Harry dan Meghan terkait hal tersebut.

“Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda. Namun ini adalah isu yang sangat rumit, yang membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” katanya.

Diberitakan Daily Mail, jika keputusan bulat mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle dari anggota senior Kerajaan Inggris. Harry akan kehilangan seluruh pemasukan dari pemerintah dan kerajaan Inggris yakni Sovereign Grant.

Sovereign Grant adalah dana pemerintah yang diambil dari pajak rakyat untuk seluruh pengeluaran keluarga kerajaan Inggris. Nilainya untuk 2020-2021 adalah 85,9 juta pound sterling (Rp 1,5 triliun).

Ratu Elizabeth menjatahkan uang setiap tahunnya 5 juta pound sterling (Rp 90 miliar) untuk kedua cucunya, Pangeran William dan Harry.
Untuk Harry diperkirakan dana yang dia dapatkan adalah 2 juta pound sterling (Rp 36,3 miliar) per tahun. Ini belum termasuk uang yang diberikan oleh ayah mereka, Pangeran Charles, yang nilainya juga hampir 5 juta pound sterling.

Namun, walaupun tak lagi menyandang anggota senior kerajaan, Harry dan Meghan memiliki kekayaan sendiri yang berlimpah.

Nilai kekayaan Harry mencapai 30 juta pound sterling (Rp 545 miliar), yakni lebih dari 20 pound sterling (Rp 363 miliar) warisan dari mendiang Putri Diana dan aset bernilai sekitar 7 juta (Rp 127 miliar) peninggalan buyutnya, Sang Ibu Suri Elizabeth Bowes-Lyon.

Meghan sendiri masih memiliki kekayaan senilai 4 juta pound sterling (Rp 72 miliar). Sebelum menikahi Harry, dia adalah aktris dan model terkenal yang bisa dibayar hingga 150 ribu pound sterling (Rp 2,7 miliar) untuk sekali penampilannya.

Kedepannya, ketenaran nama Harry dan Meghan diperkirakan akan mendapatkan uang dari penampilannya di publik. Mereka juga memiliki merek situs Sussex Royal yang juga menjual merchandise seperti t-shirt dan majalah.

Untuk tempat tinggal, mereka tetap akan menempati rumah mewah Frogmore Cottage milik Ratu Elizabeth. Karena milik Ratu, setiap pengeluaran rumah itu masuk dalam anggaran kerajaan.

Walau mundur dari anggota senior kerajaan, dia masih akan berstatus “Dilindungi secara internasional” dan mendapatkan perlindungan dari Kementerian Dalam Negeri Inggris. Karena Harry masih merupakan anggota kerajaan Inggris. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here