Tahun Baru, Jakarta Kebanjiran

  • Whatsapp
Kondisi banjir di Perumahan villa Mutiara Serpong, Tangerang Selatan.(ist)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, JAKARTA – Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta, Rabu 1 Januari 2020, pagi, setelah hujan lebat mengguyur wilayah ibu kota pada awal tahun 2020.

TMC Polda Metro Jaya melalui akun twitter di Jakarta, Rabu, menyebutkan banjir terjadi di beberapa wilayah di Jakarta. Ketinggian banjir cukup variatif. Kendati demikian rata-rata ketinggian banjir mencapai sepinggang orang dewasa.

Read More

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memprediksi terjadi hujan di seluruh wilayah Jakarta pada malam tahun baru.

BMKG memperkirakan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat diguyur hujan sedang, Jakarta Timur dan Selatan diguyur hujan disertai petir, di kawasan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan ringan.

Kapusdantinkom BNPB Agus Wibowo mengatakan, sejumlah daerah di Jabodetabek kondisinya cukup memprihatinkan pascabanjir yang melanda sejumlah daerah.

“Dari data yang dikumpulkan BNPB dan BPBD, banyak daerah di Jabodetabek yang dilanda banjir. Mulai dari sejumlah daerah di Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Jakarta, kondisinya memprihatinkan,” kata dia via pesan singkat.

Di Cipinang, Jakarta Timur, ujar Agus, banjir bahkan mencapai ketinggian hingga 2 meter. Di Pondok Kelapan Jakarta Timur, banjir juga mencapai pinggang orang dewasa. Begitu juga di wilayah Bekasi. Beberapa daerah di Bekasi ketinggian banjir mencapai hingga pinggang orang dewasa.

Sementara di Tangerang, ujar dia, banjir terjadi di Perumahan Pulo Indah, Jalan Pulo Indah Permai, Cipindoh, Kota Tangerang. Tinggi air mencapai mata kaki sampai seunggang orang dewasa. Air masuk ke rumah-rumah warga dan banyak mobil warga yang tenggelam. Di

“Rata-rata banjir mengepung wilayah-wilayah tersebut mulai pukul 03.00 dan 04.00,” kata dia.

menurut dia, BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Warga diharapkan untuk siaga dan bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan banjir.

“Selamatkan dokumen penting dan simpan di tempat aman, dapat juga discan dan disimpan di cloud. Pindah barang-barang berharga ke tempat aman, siapkan baterai cadangan untuk siap-siap jika ada pemadaman listrik,” ucapnya.(put/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *