15 Manfaat Minum Air Kelapa, Tingkatkan Vitalitas hingga Turunkan Berat Badan

  • Whatsapp
15 manfaat air kelapa bagi kesehatan. (Foto: net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Selain berkhasiat sebagai pelepas dahaga, mengonsumsi air kelapa secara rutin juga menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai melawan diabetes hingga menurunkan berat badan.

Berikut 15 manfaat air kelapa yang dirangkum Notif dari berbagai sumber :

Read More

1. Tingkatkan Vitalitas

Air kelapa dapat meningkatkan vitalitas pria. Hal ini karena air kelapa dapat menetralisasi kandungan nikotin yang mengganggu kesuburan pria.

2. Obat Demam

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam air kelapa mampu menurunkan panas demam.
Jika ada anggota keluarga yang demam, maka air kalapa bisa menjadi pertolongan pertama.

Caranya, cara mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

3. Hilangkan Racun Dalam Tubuh

Air kelapa mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa, kamu akan merasakan manfaat yang begitu banyak lantaran air kelapa mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

4. Mengatur Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Hal ini lantaran kandungan kalium tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil dan Janin

Air kelapa mengandung asal laurat yang juga ditemukan dalam asi untuk melawan berbagai penyakit dari jamur, bakteri dan virus. Sehingga ini akan sangat baik jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil.

6. Menjaga Penyumbatan pada Pembuluh Darah

Dapat menjaga penyumbatan pada pembuluh darah, lantaran air kelapa mengandung banyak kolesterol baik yang cukup tinggi manfaatnya sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kronis.

7. Mencegah Penyakit Usus

Dapat mencegah adanya penyakit usus, konsumsi air kelapa secara rutin.

8. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa memiliki kandungan lemak enuh yang disebut sebagai likotin atau asam laurat. Zat asam ini memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses legurasi dan pembentukan sel kulit. Kandungan zat itulah yang menghambat terjadinya penuan pada kulit wajah maupun kulit lainnya.

9. Mengobati Campak

Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin maka akan sangat membantu alam mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit campak.

10. Tingkatkan Energi

Dengan mengonsumsi air kelapa, kamu akan merasakan tubuh lebih berenergi. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid. Hingga ke tingkat sel, tubuh Anda pun terasa lebih berenergi.

11. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Mengonsumsi air kelapa akan membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Pasalnya, sistem pencernaan membutuhkan banyak serat untuk bekerja. Nah dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin pencernaan akan lancar.

12. Turunkan Berat Badan

Dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini karena air kelapa dapat menjaga nafsu makan. Selain itu, air kelapa juga rendah lemak sehingga tidak akan menambah beban kalori kamu.

13. Menjadikan kulit Lebih Bercahaya

Mengonsumsi air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan hidrasi.

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi air kelapa juga bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin dan nutrisi pada air kelapa, sangat dibutuhkan oleh tubuh.

15. Menjaga Kesehatan Ginjal

Air kelapa dapat menjaga kesehatan ginjal, lantaran kadungan nutrisi dari air kelapa mampu menjaga ginjal kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *