Tanaman Gandum Dapat Diolah Menjadi Minuman? Cek Fakta dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Manfaat Wheatgrass untuk kesehatan tubuh. (Foto: net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Tahukah kalian, tentang manfaat tanaman Wheatgrass atau rumput gandum? bagi para penggemar kesehatan mungkin sudah tak asing lagi. Pasalnya, tanaman ini selain kaya manfaat untuk kesehatan tubuh namun juga dapat diolah menjadi minuman yang nikmat.

Disebutkan, Wheatgrass merupakan makanan yang terbuat dari tumbuhan Triticum aestivum yang dianggap sebagai superfood.

Wheatgrass dikemas dengan kombinasi nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan kalian yang memiliki banyak manfaat terapeutik dan dikenal sebagai makanan lengkap.

Ternyata, dengan kombinasi vitamin dan nutrisi yang ekstensif, Wheatgrass dapat menjadi pilihan yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan. Diantaranya memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Tak hanya itu, Wheatgrass dapat digunakan sebagai tonik kesehatan sehari-hari, dan bahkan dapat membantu mengobati penyakit tertentu.

Para peneliti dan pakar kesehatan setuju bahwa rumput gandum memiliki potensi meningkatkan kesehatan. Walaupun diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar menentukan kemanjurannya.

Berikut, Notif rangkum dari beberapa sumber mengenai manfaat kesehatan dari jus rumput gandum ini.

1. Menghilangkan Racun

Mengutip Healthline, nutrisi dalam rumput gandum membantu tubuh dalam membuang kotoran dan racun yang tersimpan.

Misalnya, klorofil membantu detoksifikasi tubuh dan membantu mendukung fungsi hati yang sehat. Setelah tubuh dibersihkan, mungkin kalian dapat melihat peningkatan tingkat energi dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Cegah Diabetes

Wheatgrass pun telah terbukti meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Hal itu sangat memungkinkan, karena sebagian kandungan rumput gandum memiliki senyawa yang memiliki efek serupa dengan insulin. Hal itulah yang dapat menurunkan indeks glikemik makanan, yang memiliki efek positif pada kadar gula darah.

3. Membantu Pencernaan

Tanaman ini memiliki enzim tingkat tinggi yang membantu pencernaan dengan membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi dan  diakui dapat membantu pencernaan.

Detoks dari rumput gandum dapat membersihkan usus. Efeknya, kalian akan mengalami lebih sedikit gas, kembung, dan ketidaknyamanan perut.

Namun juga Wheatgrass dapat membantu meredakan sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan masalah pencernaan lainnya.

4. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Minum jus rumput gandum dapat meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

Pasalnya, dengan mengonsumsi Wheatgrass rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Ini merupakan pilihan yang sangat baik ketika kalian tengah menjaga berat badan.

Wheatgrass adalah makanan padat nutrisi, membuat banyak orang merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Ini bisa membantu mengurangi ngidam pada wanita hamil.

5. Mencegah Obesitas

Mengutip Medical News Today, obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes. Bersama dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan masalah kesehatan lainnya, mereka membentuk kondisi yang oleh dokter disebut sindrom metabolik.

Sindrom metabolik biasanya dimulai dengan obesitas. Ilmuwan percaya bahwa peradangan memainkan peran kunci.

Sebuah penelitian pada tikus yang diterbitkan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa rumput gandum dapat membantu mengatasi obesitas.

Tikus yang mengonsumsi ekstrak rumput gandum mengalami penurunan berat badan dan memiliki lebih sedikit komplikasi terkait obesitas dibandingkan mereka yang tidak.

6. Menurunkan kolesterol

Wheatgrass juga dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurunkan berat badan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Minuman Jus dari Wheatgrass dapat pula meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sehingga, dipastikan dapat membantu menangkal infeksi dan penyakit. Ditambah lagi, kalian akan merasa jauh lebih baik pada tingkat yang optimal.

Tak perlu ragu, jika kalian memang terkena suatu jenis penyakit dan memiliki sistem kekebalan yang kuat niscaya dengan mengonsumsi Wheatgrass secara rutin dapat membantu untuk memulihkan kondisi kesehatan lebih cepat.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Kalian dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi rumput gandum. Molekul klorofil mirip dengan hemoglobin dan meningkatkan jumlah sel darah.

Wheatgrass  membantu menormalkan tekanan darah. Itu juga dianggap memurnikan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

9. Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif

Wheatgrass dapat meningkatkan fungsi mental secara keseluruhan dan mengurangi kecemasan. Efek neuroprotektif-nya memungkinkan fungsi kognitif yang lebih baik dan dapat membantu menangkal dan mengobati penyakit Alzheimer.

Hal itu dapat membantu mencegah kehilangan ingatan dan dapat digunakan untuk meningkatkan koordinasi tangan-mata. (*)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *