STOP PRESS: 1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Bandara Soeta, Pemerintah Segera Lakukan Vaksinasi

  • Whatsapp
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa vaksin Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hata, Cengkareng pada 6 Desember 2020 malam. Dok. Setpres
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, JAKARTA – Kabar baik,  sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 dari perusahaan farmasi Sinovac, Coronavac, tiba di Indonesia. Presiden Joko Widodo mengumumkan vaksin asal Tiongkok itu yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta hari ini, Minggu 6 November malam kisaran pukul 21.30 WIB.

“Bapa ibu saya ingin menyampaikan satu kabar baik, bahwa hari ini pemerintah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19,” ujar Jokowi dalam video yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Read More

Menurutnya, vaksin tersebut sempat diuji secara klinis di Bandung pada Agustus 2020. Pemerintah sedang mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal 2021. Selain bentuk vaksin dalam bentuk jadi, di bulan ini 15 juta dosis vaksin dan di Januari 2020 akan datang juga 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah.

“Nantinya proses akan dilanjut oleh Bio Farma. Kita amat bersyukur, Alhamdulillah vaksin sudah tersedia. Artinya kita bisa segera mencegah meluasnaya wabha Covid-19,” kata dia.

Untuk memulai vaksinasi, kata dia, masih memerlukan sejumlah tahapan dari BPOM. Presiden menegaskan, pertama seluruh prosedur hartus dilalui dengan baik dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat. Pertimbangan ilmiah dan hasil uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi akan dimulai.

Kedua, sistem distribusi vaksin ke daerah adalah hal yang sangat penting. Termasuk peralatan pendukung, SDM, serta tata kelola vaksinasi.

“Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi. Dan saya yakin setelah diputuskan, vaksinasi akan dimulai jika semua dalam keadaann siap,” ucapnya.

Yang ketiga, lanjut Jokowi, karena tidak memungkinan dilakukan vaksinasi secara serempak untuk semua penduduk di Indonesia, maka ia berharap semua pihak bisa mengikuti pengumuman dan petunjuk dari petugas yangs aat ini sudah menyiapkan vaksin.

“Terakhir, meski vaksin sudah ada, tapi harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Dan disiplin melakukan 3M. Mencucui tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” kata dia.

Dalam tayangan yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden terlihat sejumlah kontainer besar diturunkan dari pesawat dan disemprot cairan disinfektan. Vaksin tiba dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER.(put/ell)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *