Bupati akan Izinkan Rizieq Shihab Gelar Kegiatan Keagamaan di Sumedang, Ini Syaratnya!

  • Whatsapp
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.(kiki andriana)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pihaknya akan mengizinkan Habib Rizieq Shihab menggelar kegiatan keagamaan di wilayahnya. Namun dengan beberapa persyaratan yang harus ditempuh dan dilaksanakan.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang sudah memiliki aturan tentang Peraturan Bupati (Perbup) tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Read More

Dengan begitu, kata Dony, setiap ada kegiatan apapun, baik kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial, dan kegiatan kesenian itu mengacu kepada Perbup tentang AKB. Lalu setiap kegiatan harus ada persetujuan dari Satgas Penanganan Covid-19.

“Jika isi dalam Perbup Sumedang tentang AKB dipenuhi, selama menjalankan protokol kesehatan, dan pesertanya setengah dari kapasitas tempat yang tersedia, ya tentunya akan kita izinkan,” kata Dony, Kamis 26 November 2020 malam.

Meski begitu, kata Dony, pihaknya belum mendapat informasi akan ada kegiatan Rizieq Shihab di Sumedang.

“Sepengetahuan saya, hingga saat ini belum ada informasi Rizieq Shihab akan menggelar kegiatan di Sumedang, dan belum ada surat yang masuk ke meja yang berkaitan dengan permohonan untuk kegiatan,” ucapnya.

Kendati demikian, ujar Dony, jika Rizieq Shihab akan menggelar kegiatan keagaamaan di Sumedang tanpa memenuhi aturan, pihaknya akan melakukan penertiban secara persuasif.

“Kami akan persuasif dulu. Saya yakin kalau kita niatya baik dalam kegiatan ada aturan, dan ketika mengusulkan kegiatan itu ada surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) dari penyelenggara yang harus dipenuhi, dan jika tidak bisa memenuhi semuanya, mereka harus siap untuk menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru, ” tutur Dony.(kia/ras)

Editor: Wisnu Saputra

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *