Pemerhati Pendidikan Menilai Positif Rencana Teh Nia untuk Meningkatkan Sektor Tenaga Pendidik Berstatus ASN dan Honorer

  • Whatsapp
Pemerhati Pendidikan Jawa Barat, Asep B. Kurnia. (Foto: ist)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Ditengah sesi diskusi bersama calon Bupati Bandung nomor urut 1, Kurnia Agustina atau yang akrab disapa Teh Nia, Pemerhati Pendidikan Jawa Barat, Asep B. Kurnia berkomentar positif mengenai rencana peningkatan sektor tenaga pendidikan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer.

Asep atau yang akrab disapa Aa Maung itu mengatakan, bahwa sektor pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus.

Read More

Teh Nia pun menerangkan, bahwa saat ini banyak tenaga pendidik yang terbentur dengan syarat administrasi yang sudah barang tentu akan mengganggu kelancaran bagi tenaga pendidikan.

Di antaranya masalah kesetaraan ijazah yang mengacu bahwa sebagai tenaga Pendidik harus mempunyai Ijazah linier.

“Nah untuk menuntaskan masalah itu tentu dari tenaga pendidik baik tingkat Paud/TK, SD, serta SMP sesuai dengan kewenangannya Pemerintah Kabupaten akan memberikan suatu program,”

“Dimana tenaga pendidik bisa mengikuti kuliah untuk menyetarakan ijazahnya. Itu berlaku untuk ASN atau Honorer bisa bekerja sama dengan Universitas atau bisa juga Pemerintah Kabupaten mengadakan sendiri program pendidikan penyesuaian ijazah ini, atau nanti kita bersinergi dengan PGRI sebagai wadah organisasi para guru,” ungkap Teh Nia.

Sedangkan untuk tenaga honorer yang belum menempuh pendidikan sarjana, pemerintah juga akan memikirkan supaya mereka minimal diberikan pelatihan khusus dan diberikan sertifikat serta surat tugas dari bupati, sehingga mereka akan bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi dari pemerintah pusat.

“Karena dengan kesejahteraan bertambah, maka tugas pemerintah daerah juga terus mendorong agar mereka bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga secara otomatis mereka akan mudah melengkapi kelengkapan administrasi masing-masing,” jelasnya.

Dari penjelasan yang diutarakan oleh Teh Nia, Aa Maung pun mengaku sepakat.

Asep pun mengatakan, dengan adanya rencana tersebut, para ASN dan tenaga honorer tidak akan ada lagi yang terkendala dengan administrasi, sehingga mereka akan mudah mendapatkan program yang sifatnya baik dari pusat, provinsi, atau daerah, karena mempunyai persyaratan yang lengkap sesuai dengan aturan yang ada. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *