DPRD Sumedang Sahkan Perda Pariwisata

  • Whatsapp
Pengesahan Raperda Pariwisata menjadi Perda oleh DPRD Sumedang.(ist)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pariwisata menjadi Perda melalui sidang paripurna di Gedung DPRD Sumedang, Rabu 18 November 2020.

Pengesahan Perda tersebut ditandatangani para pimpinan DPRD Sumedang, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.

Read More

“Perda tersebut sangat penting, karena akan menjadi dasar untuk pengembangan pariwisata di Sumedang,” kata Rahmat Juliadi, Ketua Panitia Khusus II Pembentukan Raperda Riperda disela sidang paripurna.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, untuk mengembangkan sektor pariwisata harus didorong dengan regulasi yang baik, terlebih Kabupaten Sumedang telah mendeklarasikan sebagai kabupaten pariwisata.

“Di dalam Raperda tersebut sudah ditetapkan kawasan yang akan menjadi kawasan strategis daerah, kawasan pengembangan dan tentu akan berkonsekuensi dengan anggaran dari pemerintah daerah,” ucapnya.

Selain itu, Rahmat mengatakan, sektor pariwisata merupakan katalisator atau penggerak pembangunan, yang mempercepat pembangunan itu sendiri,yakni dapat membuka lapangan kerja bagi penduduk lokal di bidang pariwisata, pembangunan fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik demi kenyamanan para wisatawan, secara langsung dan tidak langsung adalah demi kenyamanan penduduk lokal.

Kemudian, kata Rahmat, bisa mendapatkan devisa (national balance payment) melalui pertukaran mata uang asing (foreign exchange), mendorong seseorang untuk berwiraswasta dan wirausaha.

“Hal ini akan meningkatkan pendapat masyarakat dan pemerintah, dan memberikan keuntungan ekonomi kepada semua sektor yang mendukung bidang pariwisata,” ujarnya.(kia/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *