Wapres RI Ma’ruf Amin Jamin Kehalalan Vaksin COVID-19 Sebelum Didistribusikan

  • Whatsapp
Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin. Foto: Liputan6.com/Herman Zakharia
Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin. Foto: Liputan6.com/Herman Zakharia
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH. Ma’ruf Amin, memastikan sertifikasi halal vaksin Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19) akan selesai sebelum proses distribusi dilakukan.

“Kebolehan dipakai itu kita harapkan juga keluar dari Majelis Ulama Indonesia. Kebolehan itu bisa karena dia halal atau karena dasarnya kedaruratan. Yang penting Majelis ulama sebagai lembaga otoritas akan memberikan fatwanya tentang masalah itu,” kata Ma’ruf Amin, saat mendatangi simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis, 19 November 2020.

Read More

Dilansir dari Tempo.co, dirinya memastikan, bahwa persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) vaksin COVID-19 akan selesai. Dikatakannya, begitu vaksin yang disiapkan pemerintah sudah melewati proses uji klinis, Badan POM akan langsung memastikan keamanannya.

“Juga punya khasiat, efektif, manjur gitu bahasanya biasanya itu. Kemanjurannya juga sudah dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Pemerintah pun telah mengirim perwakilan BPOM dan MUI ke China, untuk melihat produksi dari vaksin buatan perusahaan farmasi Sinovac. Meski begitu, belum ada laporan terkait hasil dari kunjungan tersebut.

Perwakilan Komisi Fatwa MUI yang dikirim ke China, Aminudin Yakub mengatakan, bahwa saat ini pembahasan mengenai kehalalan dari vaksin COVID-19 tersebut masih dalam proses. Namun ia mengatakan, audit MUI terhadap vaksin itu sudah selesai.

“Saat ini kami masih mengolah laporan hasil visit dan audit kita. Mohon maaf belum bisa saya sampaikan karena saya harus laporkan dulu dalam sidang Komisi Fatwa MUI dan Pimpinan,” kata Aminudin. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *