Bikin Heboh! Transgender Cantik Dena Rachman Pindah Agama dari Islam ke Kristen

  • Whatsapp
Dena Rachman. (Foto: @denarachman via Instagram)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SELEB – Renaldy Denada Rachman atau yang akrab dipanggil Dena Rachaman, seorang transgender yang kini sukses sebagai desainer dan instruktur model kembali mencuri perhatian publik. Dirinya membuat pernyataan telah memutuskan pindah dari agama Islam ke agama Kristen.

Pernyataannya itu diungkapkan saat dirinya melakukan sesi wawancara di kanal YouTube Daniel Mananta Network.
Menurut penuturan mantan artis cilik itu, pihak keluarganya lebih mudah menerima keputusannya menjadi transgender dibanding berpindah agama.

Read More

“Awalnya mereka syok sih. Jadi, i can say, kayaknya ya in my opinion mereka lebih gampang waktu gue memutuskan untuk ganti gender,” ujarnya.

Menurut penuturan Dena, ia mengaku sempat tidak percaya adanya Tuhan alias ateis. Meski terlahir dari keluarga Muslim, namun Dena mengaku jarang sekali melaksanakan ibadah. Ditambah, ia sempat merasa berbeda dari laki-laki pada umumnya hingga membuatnya marah dan tak percaya Tuhan.

“Aku bukan orang yang percaya (Tuhan) sebelumnya karena experience gue, pengalaman gue, pergumulan hidup gue ditambah lagi dengan apa yang orang-orang bilang. Doktrin-doktrin, stigma-stigma, gue jadi enggak percaya,” ujarnya.

Ia menyebut, rasa ketidakpercayaannya terhadap Tuhan bermula karena kemarahannya.

“Kalau emang lo (Tuhan) ada dan lo sayang sama umat lo, kenapa gue dibikin kayak begini? … Aku penuh kebencian waktu itu, jadi aku tidak percaya Tuhan. Aku bisa bilang aku atheis,” lanjutnya.

Ia pun melanjutkan, hingga di tahun 2015, dirinya merasa terpuruk karena karirnya tak berkembang. Semua keinginannya seolah tak terwujud. Sampai akhirnya, suatu waktu ia melihat tata cara umat Kristen beribadah saat berada di Los Angeles. Ia pun merasa hatinya begitu tenang dan damai.

“Tiba-tiba gue buka brosur ‘kita buka untuk semua orang, termasuk dengan semua warna kulit, semua gender, semuanya’” ungkapnya.

Dari peristiwa itu, Dena pun semakin mantap saat pertama kali datang ke gereja, dan mendengar kalimat yang membuatnya dapat kembali bangkit.

“Dan gue masih inget waktu itu, jadi ada kata-katanya kayak gini ‘Ketidakberdayaan adalah suatu situasi. Tidak adanya harapan adalah suatu keputusan’” lanjut Dena.

Dena yang kini berumur 33 tahun kemudian memutuskan untuk berpindah keyakinan menjadi seorang Nasrani. Namun walaupun berat bagi keluarganya, Ia mengaku bersyukur lantaran keluarganya berangsur dapat menghargai keputusannya.

“Gue cukup berterima kasih dan bersyukur punya keluarga yang open minded. Jadi, mereka benar-benar tahu perjalananku, Mereka tahu dari mana asalku dan kenapa gue memilih pilihan gue, apa pun itu,” ujarnya.

Dena mengaku hubungannya dengan keluarga tetap terjalin dengan baik sampai sekarang. Bahkan, ia kerap bersilaturahmi pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

“Keluarga gue kan Lebaran ya. Jadi, setiap ketemu sekarang silaturahmi,” ucap Dena.

Kepindahan agamanya ini menjadi bahan perbincangan di publik. Apalagi mengingat isu yang berkembang bahwa Dena akan dinikahi kekasih bulenya. Namun, ia sendiri belum memberikan klarifikasi lebih lanjut perihal tersebut. (*) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *