Harta Terpendam, Kepala Patung Dewa Hermes Ditemukan di Bawah Got Kota Athena

  • Whatsapp
Kepala patung dewa Hermes yang ditemukan di bawah saluran air saat sedang melakukan penggalian got kedalaman 1,3 meter di bawah jalan Aiolou, kota Athena, Yunani. (Foto: Greek Culture Ministry via AP)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, YUNANI – Kepala patung dewa Hermes yang merupakan salah satu dewa mitologi dari Yunani ditemukan di bawah saluran air oleh para pekerja pekerjaan umum yang sedang melakukan penggalian got untuk meningkatkan kapasitas sistem pembuangan limbah.

Dilansir dari AFP, Menurut pihak Kementerian Kebudayaan Yunani, dalam keterangannya, pada Minggu, 15 November 2020 mengatakan, kepala patung dewa Hermes ini ditemukan petugas di kedalaman 1,3 meter di bawah jalan Aiolou yang padat lalu lintas. kepala patung terbuat dari batu marmer dan ditemukan dalam kondisi yang baik.

Read More

“Patung tersebut menggambarkan wajah seorang dewa di masa dewasa dan dipastikan merupakan bagian dari herm,” demikian pernyataan tersebut.

Adanya penemuan ini turut diunggah oleh Wali Kota Athena, Kostas Bakoyannis di akun Facebooknya. Ia mengunggah foto kepala dewa Hermes tersebut dengan menambahkan keterangan “Athena yang Unik”.

Berdasarkan mitologi Yunani, dewa Hermes adalah putra dari Dewa Zeus dan merupakan dewa penyampai pesan dan juga melindungi pengembara juga pedagang.

Pada umumnya, patung Herm atau Hermas hanya dibuat bagian kepala atau kadang bagian tubuhnya saja, dan biasanya diletakkan di atas kotak persegi serta didirikan di persimpangan jalan sebagai rambu.

Kini, patung tersebut disimpan dalam pusat penyimpanan barang antik.Namun, Kementerian Kebudayaan Yunani belum memberikan keterangan lebih lanjut tentang nilai patung yang baru saja mereka temukan itu. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *