8 Cara Manjur Usir Masuk Angin, Salah Satunya Menyeduh Rempah

  • Whatsapp
Rempah - rempah. (Foto: net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Di musim penghujan ini, sewajarnya kita untuk menjaga kondisi badan tetap fit dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Namun, bagaimana bila penyakit masuk angin datang menyerang?

Penyakit seperti itu kadang tak bisa disepelekan, bila tak ditangani dengan segera, mungkin saja penyakit itu bisa membuat kita mengalami sakit kepala, mual, muntah, dan terasa nyeri pada sekujur badan.

Read More

Bila kejadian tersebut mendera kalian, untuk mengatasinya, cukup dengan bahan-bahan alami dan cara tradisional saja. Hal ini merupakan tindakan penanganan pertama yang patut dicoba,

Namun, bila penyakit terus berlanjut segera hubungi dokter. Nah, berikut Notif rangkum dari berbagai sumber, delapan cara alami mengatasi dan mencegah masuk angin:

1. Baluri Tubuh dengan Minyak

Membaluri tubuh dengan minyak hangat sambil memijatnya akan melemaskan otot-otot tersebut.

Kalian dapat mencoba menggunakan minyak esensial yang sedang tren saat ini. Cobalah minyak lavender, frankincense, dan peppermint dicampurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni atau virgin coconut oil.

Lavender dan frankincense memiliki khasiat analgesik atau pereda nyeri dan memberi sensasi menenangkan. Sementara peppermint akan menangani masalah pada saluran pencernaan dan meredakan perut kembung.

2. Konsumsi Jahe

Dengan mengonsumsi ramuan jahe ini juga telah terbukti berkhasiat secara medis. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Buat Minuman Hangat

Selain untuk meningkatkan metabolisme, minuman air hangat, air jeruk hangat juga berfungsi melancarkan sirkulasi serta membuat otot-otot lebih rileks. Ketika tubuh mengalami masuk angin, minuman hangat adalah sumber cairan utama yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup, sebuah praktik yang murah meriah, tak memerlukan biaya, namun entah kenapa begitu sulit dilakukan banyak orang.
Usahakan untuk cukup istirahat dan tak terlalu aktif berkegiatan saat Anda masuk angin. Simpan tenaga kalian dan berikan tubuh kesempatan untuk memerangi infeksi virus di dalamnya. Dengan beristirahat, tubuh akan terbantu

5. Minum Seduhan Rempah, Madu, dan Lemon

Minuman seduhan rempah seperti jahe, pala, atau kayu manis dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan orang yang sedang masuk angin. Agar khasiatnya lebih maksimal, berikan campuran madu dan perasan lemon.

Sifat madu secara alamiah dapat mengurangi iritasi sehingga dapat menenangkan peradangan. Madu juga memiliki sifat antibakteri. Rasa manisnya bisa melegakan bagian ujung saraf tenggorokan dan mengurangi batuk. Sementara rempah-rempah dapat merangsang produksi air liur. Dengan begitu hidrasi dan aliran lendir di tenggorokan meningkat.

6. Minum Banyak Cairan

Air putih dan jus bisa menjadi sumber cairan yang bisa kamu coba saat masuk angin. Pasalnya mencukupi kebutuhan cairan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, tubuh bisa melakukan fungsinya dengan baik termasuk mengembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, makanan dan minuman hangat, seperti sup ayam atau air lemon hangat menjadi obat masuk angin alami yang sangat direkomendasikan. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, cairan hangat membantu melegakan pernapasan dan sumbatan di saluran napas.

7. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi. Oleh karena itu, saat kalian masuk angin jangan malas untuk makan makanan sehat dan bernutrisi. Meski mulut terasa pahit atau hambar, tetap paksakan diri untuk makan.
Pastikan bahwa makanan yang di konsumsi memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin terutama C dan E untuk membantu melawan infeksi. Jangan lupa untuk makan secara teratur agar perut tidak kosong terlalu lama.

8. Menjaga Suhu Kamar Tetap Hangat

Usahakan untuk menjaga ruangan kamar tetap hangat dan tidak terlalu dingin. Jika udaranya kering, kalian bisa menggunakan humidifier untuk membantu melembapkan udara. Ketika udara di kamar lembap, hidung yang tersumbat pun akan terasa lebih lega. Selain itu, pelembap udara juga membantu mengurangi intensitas batuk saat masuk angin. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *