11 Jurus Jitu Mengatasi Susah Tidur Malam atau Insomnia

  • Whatsapp
Ilustrasi insomnia.(net)
Perkiraan waktu baca: 3 menit

NOTIF.ID, HEALTH – Tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting dan harus dicukupi. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami gangguan tidur, termasuk kesulitan tidur pada malam hari.

Orang yang mengalami gangguan tidur di malam hari bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam dalam setiap harinya. Kebutuhan tidur cukup ini bertujuan tubuh tetap fit ketika bangun esok harinya.

Read More

Berikut beberapa cara yang dirangkum Notif dari berbagai sumber untuk menghilangkan susah tidur malam atau insomnia:

1. Jangan Merokok

Agar memperoleh tidur yang berkualitas, cara mengatasi susah tidur dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan tidur.

2. Rileks Sebelum Tidur

Bagi Anda yang mengalami susah tidur, salah satu cara cepat tidur yang bisa dilakukan adalah merilekskan tubuh sebelum tidur.

Untuk mendapatkan kondisi rileks, lakukan beberapa hal, seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Baik

Lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin, suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas.

Selain temperatur dan pencahayaan, suara juga sebaiknya terkontrol, sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.

4. Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan Anda susah tidur. Oleh karena itu, mengatasi sulit tidur dapat dilakukan dengan tidur teratur.

Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

5. Jangan Bertahan di Tempat Tidur

Jika mengalami kesulitan tidur malam, jangan terus-terusan bertahan di tempat tidur.

Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai sampai rasa kantuk bisa kembali.

6. Berolahraga Teratur

Olahraga sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kualitas tidur Anda tetap baik. Oleh karena itu, berolahraga dapat menjadi cara menghilangkan susah tidur yang bisa Anda coba.

Lakukan olahraga secara teratur, meski hanya sekadar berenang atau berjalan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat, apabila jika sudah dekat dengan jam tidur Anda.

7. Pastikan Tempat Tidur Nyaman

Selain memperhatikan lingkungan, cara agar bisa tidur cepat adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur Anda sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil.

8. Kurangi Konsumsi Kafein

Solusi susah tidur berikutnya adalah mengurangi konsumsi stimulan, seperti kafein pada teh dan kopi, terutama di malam hari.

Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga dapat mengganggu proses tidur, serta mencegah tidur malam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

9. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebih pada Malam Hari

Alkohol dapat mengganggu waktu tidur malam. Oleh karena itu, untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, terutama saat malam hari.

10. Jangan Bertahan di Tempat Tidur

Jika mengalami kesulitan tidur malam, jangan terus-terusan bertahan di tempat tidur. Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai sampai rasa kantuk bisa kembali.

11. Buat Daftar Kegiatan untuk Dilakukan Keesokan Hari

Ternyata, hal sederhana seperti membuat daftar kegiatan untuk dilakukan dapat menjadi solusi mengatasi sulit tidur. Apalagi jika Anda tidak memiliki aktifitas untuk dilakukan esok harinya.

Sebelum tidur, luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada esok harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda tetap di tempat tidur, sehingga waktu tidur malam terganggu.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *