Enam Desa di Cimanggung Sumedang Rawan Terdampak Bencana di Musim Hujan

  • Whatsapp
Camat Cimanggung, Dik Dik Syeh Rizky saat memberikan keterangan di Kantor Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa 27 Oktober 2020
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Sedikitnya enam Desa di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, rawan terdampak bencana banjir dan longsor.

Kesiapsiagaan pun dilakukan pemerintah setempat dan berbagai menghadapi potensi bencana tersebut.

Read More

Sementara itu, Camat Cimanggung, Dik Dik Syeh Rizky menuturkan, terdapat beberapa titik di Cimanggung yang rawan terdampak bencana banjir dan longsor saat musim penghujan.

Menurutnya, berdasarkan catatan Pemerintah Kecamatan Cimanggung, sedikitnya ada 6 Desa yang rawan terdampak bencana, diantaranya, Desa Mangun Arga, Desa Cihanjuang, Desa Sukadana, Desa Sindanggalih, Desa Tegal Manggung, dan Desa Sindang Pakuon.

“Masyarakat yang tinggal di zona tersebut diminta waspada, mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi,” ucap Dik Dik ditemui Notif di Kantor Kecamatan Cimanggung, Selasa 27 Oktober 2020, sore.

Ia mengimbau kepada warga yang tinggal di wilayah yang tanahnya berkontur curam dan di dekat sungai agar waspada dan berhati-hati.

Sebab, ujar Dik Dik, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim hujan saat ini akan terjadi hujan dengan curah tinggi dan akan terjadi fenomena La Nina yang berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

“Warga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan gotong royong menjaga lingkungan dan membersihkan saluran air (drainase),” kata dia

Selain itu, Dik Dik menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana alam yang bisa mengancam keselamatan warga.

“Jika terjadi hujan deras yang tidak reda selama berjam-jam, dan jika kondisinya sudah membahayakan, warga dihimbau untuk segera mencari tempat yang lebih aman,” imbuhnya. (kia/tam)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *