Tiga Petinggi Kekaisaran Fiktif ” Sunda Empire” Divonis Dua Tahun Penjara

  • Whatsapp
Tiga petinggi Kekaisaran fiktif Sunda Empire saat menjalani sidang vonis Selasa 27 Oktober 2020
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, BANDUNG – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung memvonis tiga petinggi kekaisaran fiktif “Sunda Empire” hukuman dua tahun penjara. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Mereka adalah Nasri Banks (Perdana Menteri Sunda Empire), Raden Ratna Ningrum (Kaisar) dan Edi Raharjo alias  Raden Rangga Sasana (Sekretaris Jenderal)

Read More

“Ketiga terdakwa tidak memiliki motif ekonomi dalam kasus ini. Mereka bermaksud baik untuk menciptakan perdamaian dunia,” ucap Ketua Majelis Hakim T Benny Eko Supriyadi di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat, Selasa 27 Oktober 2020.

Benny menyebutkan, gagasan misi perdamaian mereka sebagai salah satu pertimbangan yang meringankan para terdakwa.

“Para terdakwa dengan sengaja menimbulkan pertentangan di masyarakat Sunda, dan bakal menimbulkan konflik antara masyarakat yang pro dan yang kontra,” tuturnya.

Dikatakan Benny, klaim-klaim yang dilontarkan oleh para petinggi Sunda Empire itu memiliki motif untuk menarik masyarakat luas guna bergabung Sunda Empire. Namun, lanjut Benny, fakta yang diumumkan mereka adalah berita bohong yang digaungkan untuk lebih terkenal dan menarik anggota.

“Ketiga terdakwa kasus penyebaran berita bohong tersebut terbukti menyebarkan berita bohong dengan dakwaan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946,” pungkasnya. (boy/tam)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *