Bangun Ekonomi Organisasi di Tengah Pandemi, Pengurus GP Ansor Kecamatan Paseh Sumedang Produksi Lukisan Berbahan Baku Kaca

  • Whatsapp
Pengurus GP Ansor Kecamatan Paseh, Sumedang berfoto bersama sambil menunjukkan hasil produksi lukisan kacanya.(ist)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, SUMEDANG – Tak hanya berdampak bagi kesehatan, pandemi Covid-19 menggerus sendi perekonomian masyarakat. Turunnya daya beli masyarakat berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang melambat. Banyak juga pekerja harian yang terancam kehilangan penghasilan.

Namun, pandemi Covid-19 justru menjadi momentum bagi Pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang untuk memutar otak. Bagaimana cara agar organisasi tetap hidup meski di kondisi ekonomi yang tengah melemah.

Read More

Akhirnya, Penguru GP Ansor Kecamatan Paseh memutuskan menjalankan strategi membangun kemandirian ekonomi organisasinya. Salah satu strateginya yakni dengan memproduksi lukasian berbahan baku kaca cermin.

Ketua GP Ansor Kecamatan Paseh M Sholeh Nahru menuturkan, potensi yang dimiliki kader GP Ansor untuk membangun kemandirian ekonomi organisasi cukup tinggi. Sehingga, untuk memproduksi lukisan dari bahan baku kaca tidaklah sulit. Terlebih, banyak kader yang memiliki skill melukis.

“Membangun kemandirian ekonomi organisasi ini setidaknya bisa menjadi gerakan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, minimilanya bagi kader Ansor Kecamatan Paseh dulu lah,” kata M Sholeh Nahru Selasa 27 Oktober 2020.

Produksi lukisan berbahan dasar kaca cermin, kata Nahru, selain bertujuan untuk menggali potensi yang dimiliki kader, juga menjadi upaya untuk membangun ekonomi organisasi.

“Hal ini merupakan bentuk pemulihan ekonomi, dan juga menggali potensi yang dimiliki oleh kader GP Ansor,” tuturnya.

Kata Nahru, kebanyakan lukisan yang dibuat oleh para kader adalah lukisan tokoh-tokoh islam. Harganya juga tidak terlalu mahal. Berkisar Rp75 ribu per lukisannya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumedang Acep Komarudin mengatakan, pihaknya mendukung penuh dan membantu memfasilitasi apa yang dilakukan oleh GP Ansor Kecamatan Paseh untuk mewujudkan kemandirian ekonomi organisasi.

“Yang dilakukan sahabat GP Ansor Kecamatan Paseh itu merupakan cita-cita GP Ansor, dan sangat sejalan dengan GP Ansor cabang dan wilayah,” kata dia.

Kendati demikian, kata Acep, pengurus GP Ansor Cabang Sumedang mendukung dan siap membantu memfasilitasi untuk mengenalkan lukisan cermin hasil karya sahabat Ansor Paseh kepada masyarakat Sumedang.

“Kami akan membantu mempromosikannya , termasuk kepada tokoh di pemerintahan,” pungkasnya.(kia/ell)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *