Fasilitas Literasi dari Pemkab Bandung Terpasang di Alun-alun Cicalengka, Warga Bisa Pinjam Buku Sambil Kongkow

  • Whatsapp
Lemari Literasi yang terpasang di sudut Alun-alun Cicalengka.(notif.id)
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Kabar baik bagi warga Cicalengka, Kabupaten Bandung yang gemar membaca buku. Pasalnya, Alun-alun Cicalengka kini sudah dilengkapi dengan fasilitas lemari literasi.

Lemari-lemari buku berwarna kuning bertuliskan LITERASI tersebut dipasang di setap sudut alun-alun. Warga Cicalengka yang berkunjung ke Alun-alun Cicalengka selain bisa kongkow atau berolahraga nantinya juga bisa meminjam buku bacaan yang akan disediakan Pemkab Bandung.

Read More

Camat Cicalengka, Entang Kurnia menuturkan, lemari buku yang dipasang di Alun-alun Cicalengka merupakan fasilitas penunjang sarana publik dari Pemkab Bandung. Ada dua buah lemari buku yang telah terpasang sejak 20 Oktober 2020.

“Lemari sudah dipasang, tinggal kami menunggu bukunya dari Pemkab Bandung,” ujar Entang kepada Notif, Kamis 22 Oktober 2020.

Entang mengatakan, fasilitas literasi dari Pemkab Bandung yang dipasang di Alun-alun Cicalengka merupakan komitmen Bupati Bandung, Dadang M Naser untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bandung.

Dengan banyaknya literasi, kata dia, masyarakat Kabupaten Bandung tentu akan semakin bertambah wawasannya. Selain itu, minat baca yang tinggi juga akan mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Warga bebas membaca dengan gratis nanti. Hanya saja, kami titip agar masyarakat ikut menjaga keberadaan fasilitas literasi ini. Karena ini milik pemerintah. Yang penting juga di masa pandemi ini warga yang berkunjung ke alun-alun untuk membaca buku atau kongkow tetap harus patuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Entang juga mempersilahkan kepada para donatur yang akan mendonasikan buku bacaan untuk ditempatkan di lemari literasi tersebut. Sehingga, buku-buku bacaan untuk masyarakat bisa tersedia secara lengkap.

Sementara itu, Pipik (47) warga Cikurutug, Desa Cicalengka Kulon, berharap kehadiran lemari literasi di Alun-alun Cicalengka tersebut memberikan efek positif bagi warga Cicalengka agar tergugah minat bacanya. Sehigga, masyarakat Cicalengka memiliki budaya literasi yang tinggi.

“Saya sangat berharap ke depan Cicalengka bisa menjadi barometer sebagai wilayah di Kabupaten Bandung yang menjunjung tinggi budaya membaca. Siapa tahu nanti Cicalengka jadi kawasan Kota Pendidikan,” kata dia.

Regita Permata Utami (17) siswi SMA Negeri Cicalengka mengaku sangat antusias dengan kehadiran lemari literasi dari Pemkab Bandung tersebut. Kata dia, hadirnya lemari literasi di Alun-alun Cicalengka akan semakin merangsang para pelajar yang gemar membaca untuk datang ke Alun-alun.

“Alun-alun bukan hanya tempat nongkrong saja. Tapi bisa buat belajar. Saya berharap ke depan Pemkab Bandung menyediakan buku-buku pelajaran buat siswa SD, SMP atau SMA,” kata dia.(din/ras)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *