Diguyur Hujan Deras, Sebuah Rumah di Lembang Rusak Akibat Diterjang Longsor

  • Whatsapp
Satu unit rumah milik warga di Kampung Barunagri RT 03/RW 11, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat rusak diterjang longsor, Selasa 20 Oktober 2020. Foto : Ist
Perkiraan waktu baca: 2 menit

NOTIF.ID, BANDUNG BARAT – Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Bandung Barat, Selasa 20 Oktober 2020. sore, Satu unit rumah milik warga di Kampung Barunagri RT 03/RW 11, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat rusak diterjang longsor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Notif, dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Read More

“Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB. Peristiwa tersebut diduga terjadi akibat hujan deras,” ucap Kepala Desa Sukajaya Asep Cahya Wijaya melalui sambungan selular.

Selain itu, kata Asep, tersumbatnya saluran air oleh tumpukan sampah di area tersebut menjadi salah satu pemicu longsor tersebut.

“Selain hujan deras, longsor itu terjadi akibat aliran air yang berada di lereng di atas rumah tersumbat material,” kata dia.

Menurutnya, tanah yang berada di lereng mengalami pergerakan dan menimpa sebuah rumah yang berada di bawahnya.

“Bukan longsor besar sebetulnya, ini hanya karena saluran air di atas lerengnya tersumbat jadi air meluber. Tanahnya kemudian longsor ke bawah karena tergerus air dari saluran itu lalu kena ke rumah warga,” tuturnya.

Dalam peristiwa tersebut, lanjut Asep,
penghuni rumah tersebut berhasil menyelamatkan diri. Namun, ujar dia, bagian tembok belakang rumah jebol diterjang material longsoran tanah.

“Tidak ada korban jiwa. Longsornya tidak terlalu parah, namun rumah bagian belakang jebol,” ujarnya.

Dikatakan Asep, warga dibantu sejumlah petugas dari Pemdes dan petugas BPBD KBB tengah membersihkan material longsor, dan sumbatan di saluran air pun sudah dibersihkan.

“Sudah ditangani, kami bersihkan saluran air biar tidak mampet. dan sebagai upaya antisipasi terjadi longsor susulan untuk sementara pemilik rumah diungsikan dulu ke saudaranya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo menuturkan, hujan deras diduga menjadi salah satu penyebab pergerakan tanah. Saat ini, tambah dia, pihaknya tengah melakukan assessment.

“Kemungkinan penyebab longsornya karena hujan deras, karena lokasi rumah tersebut berada di sisi lereng,” katanya.(res/mrk)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *