Ambisi NASA Bangun Jaringan 4G-LTE di Bulan Bersama Nokia

  • Whatsapp
Ilustrasi seorang Astronot sedang streaming di Bulan. (Foto: cnet)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, TEKNO – Untuk mencapai ambisinya dalam membangun pangkalan di bulan pada tahun 2028 mendatang. NASA (National Aeronautics and Space Administration) akan memberikan $ 370 juta kepada lebih dari selusin perusahaan untuk menyebarkan teknologi di permukaan bulan, termasuk pembangkit listrik jarak jauh, pembekuan kriogenik, robotika, pendaratan yang lebih aman dan tak lupa memasang jaringan 4G.

Dilansir dari CNN, Bell Labs Nokia (NOK) telah diberikan anggaran sebesar $ 14,1 juta untuk proyek tersebut. Bell Labs yang sebelumnya dioperasikan oleh AT&T, disebutkan akan bermitra dengan perusahaan rekayasa luar angkasa Intuitive Machines untuk membangun jaringan 4G-LTE di Bulan.

Read More

Dengan hadirnya jaringan 4G-LTE di Bulan, diharapkan para astronot akan dapat lebih mudah dalam melakukan transmisi data, mengendalikan penjelajah bulan, navigasi Realtime di atas geografi bulan (seperti Google Maps untuk bulan), dan streaming video definisi tinggi.

Jaringan seluler bulan juga akan dirancang khusus untuk menahan kekhasan permukaan bulan: suhu ekstrem, radiasi, dan ruang hampa. Ini juga akan tetap berfungsi selama pendaratan dan peluncuran bulan, meskipun roket secara signifikan menggetarkan permukaan bulan.

NASA menyebutkan, Jaringan 4G dapat memberikan komunikasi jarak yang lebih andal dan lebih jauh daripada standar radio saat ini yang berlaku di bulan. Seperti di Bumi, jaringan 4G pada akhirnya akan ditingkatkan menjadi 5G. (ell/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *