60 Peti Mati Sarkofagus yang Masih Tersegel Ditemukan di Mesir

  • Whatsapp
Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouly dan Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled El-Enany meneliti sarkofagus yang ditemukan di lokasi. (Foto: Kementerian Pariwisata dan Purbakala via AP/CNN)
Perkiraan waktu baca: < 1 menit

NOTIF.ID, MESIR – Sebanyak 60 peti mati sarkofagus telah ditemukan baru-baru ini di Saqqara, Mesir. Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled El-Enany mengatakan via sosial media Instagram, bahwa temuan itu “(masih) tersegel sejak zaman kuno”.

Dilansir dari CNN, para Arkeolog menyebutkan, bahwa area tersebut dulunya merupakan ibu kota kerajaan Memphis, dan juga merupakan rumah bagi piramida tertua Mesir yang masih hidup. Mereka telah meneliti sarkofagus yang baru ditemukan di tiga poros penguburan itu berusia lebih dari 2.500 tahun.

Read More

Pada bulan September lalu, Arkeolog di Saqqara berhasil menemukan hampir 30 peti mati tertutup di salah satu dari tiga lubang pemakaman berukuran 10 hingga 12 meter (33 hingga 39 kaki). Termasuk patung berwarna dan berlapis emas.

Pada hari Senin, 19 Oktober 2020, El-Enany dan Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouly, telah mengunjungi situs pekuburan sekitar 20 mil selatan Kairo tersebut bersama sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi, Mustafa Waziri.

Pada siaran pers, ia menyebutkan penemuan sarkofagus di dalam makam telah mencapai 59 orang. Ia dan para pejabat Mesir lainnya meyakini bahwa peti mati itu berisi negarawan senior dan pendeta dari dinasti ke-26, yang memerintah Mesir dari 664 SM. sampai 525 SM.

Rencananya, pemerintah Mesir akan menampilkan sarkofagus tersebut di Museum Besar Mesir yang akan segera dibuka di Giza yang digadang-gadang akan menjadi museum terbesar di dunia dengan luas bangunan 5,2 juta kaki persegi yang didedikasikan untuk satu peradaban. (ell/*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *