17 Tips Mudah Atasi Bau Kaki

Ilustrasi bau kaki.(net)

NOTIF.ID, HEALTH – Aroma tidak sedap yang keluar dari kaki alias bau kaki bisa mengganggu orang di sekitar dan menjadi permasalahan yang dialami banyak orang.

Bau kaki atau dalam bahasa medis disebut bromodosis, disebabkan oleh kondisi kaki yang lembap dan berkeringat memicu pertumbuhan bakteri di kaki yang berlebih. Namun banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghilangkan bau kaki.

Berikut cara menghilangkan dan pencegahan bau kaki menyengat secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan dirangkum Notif dari berbagai sumber:

1. Hindari Menggunakan Sepatu Lembap

Cara menghilangkan bau kaki dengan tidak menggunakan sepatu yang lembap. Tempat yang lembap sangat berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada kaki tersebut.

2. Hindari Pemakaian Kaus Kaki dan Sepatu Ketat

Hindari pemakaian kaus kaki dan sepatu yang ketat atau sempit. Sepatu dan kaos kaki sempit tidak hanya dapat membaut kaki anda terluka, tapi juga dapat memicu produksi keringat berlebih.

3. Air Lemon

Buah lemon memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki.
“Campurkan perasan 6 buah lemon dengan satu baskom air untuk merendam kaki. Rendam paling tidak 15 menit.

4. Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk merendam kaki. Caranya, campurkan seperempat gelas baking soda dengan air secukupnya untuk merendam kaki. Anda juga bisa menambah perasan lemon untuk menambah aroma segar pada air rendaman.

Baca Juga:   Hai Penggemar Kopi, Ini Dia Rahasia Para Atlet Sebelum Berolahraga

5. Air Garam

Merendam kaki dengan air garam memang dipercaya dapat memiliki berbagai manfaat mulai dari relaksasi, meredakan eksim, hingga menghilangkan bau kaki.

Caranya, campurkan setengah gelas garam dengan 4 gelas air hangat dalam sebuah wadah. Setelah itu rendam kaki selama 10-15 menit.

6. Air Cuka

Cara lain unttuk menghilangkan bau kaki adalah merendam kaki dengan cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1 untuk merendam kaki. Kemudian rendam kaki selama sekitar 15 menit. Pastikan tidak ada luka terbuka atau iritasi pada kaki Anda.

7. Air Teh

Asam tanat dalam teh hitam dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengurangi produksi keringat pada kaki.

Seduh dua kantung teh hitam dalam dua gelas air selama 15 menit,
campurkan teh dengan dua liter air. Tunggu hingga suhu air ideal untuk merendam kaki, lalu rendam kaki selama 30 menit.

8. Obat Kumur

Cara lainnya anada bisa merendam kaki dengan obat kumur. Sifat antimikroba dalam sabun kumur biasanya hanya digunakan untuk membasmi bakteri dalam mulut, tapi bisa juga dicoba untuk mengatasi bakteri yang ada di kaki.

Baca Juga:   Berat Badan Naik Ketika Puasa, Loh Kok Bisa? Berikut 10 Tips Diet Sehat Saat Ramadan

Campurkan 250 mililiter dengan air secukupnya untuk merendam kaki. Rendam kaki selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

9. Kopi

Kopi menjadi solusi lain untuk menghilangkan bau tidak sedap di kaki. Campurkan kopi dan minyak kelapa untuk dijadikan sebagai scrub kopi untuk memambantu mengangkat sel kulit mati, dan cara lainnya adalah dengan menghilangkan bau pada sepatu yang digunakan. Masukkan bubuk kopi ke dalam kaus kaki bersih dan letakkan di dalam sepatu selama semalaman.

10. Sabun Antibakteri atau Antijamur

Mencuci kaki dengan sabun antibakteri atau antijamur menjadi cara untuk menghilangkan bau pada kaki. Setelah mencuci kaki, pastikan Anda mengeringkan kaki dengan benar sebelum kembali mengenakan alas kaki kembali.

11. Deodoran

Deodoran tidak hanya berguna untuk mengatasi bau ketiak saja, tapi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki. Deodorant memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah bakteri penyabab bau berkembang.

12. Antiperspirant

Antiperspirant memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan deodorant, yaitu mencegah bau ketiak. Hanya saja cara kerjannya memang berbeda. Jika deodorant bekerja dengan antibakteri, antiperspirant bekerja dengan cara mencegah produksi keringat berlebih yang dianggap sebagai penyebab bau.

13. Terapi Iontophoresis

Cara menghilangkan bau kaki juga bisa dilakukan secara medis, salah satunya dengan terapi iontophoresis.

Terapi ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ringan dengan menggunakan media air, tujuannya adalah untuk menutup pori-pori kaki untuk mencegah keringat berlebih.

Baca Juga:   Tips Merawat Pakaian dan Dampak Budaya Konsumerisme "Fast Fashion"

14. Suntik Botox

Suntik botox ternyata tidak hanya ampuh sebagai treatment anti penuaan, tapi juga dapat mengatasi masalah bau badan.

Suntik botox bekerja dengan memblokir saraf yang memberi tahu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat. Hal ini lah yang membuat produksi keringat berlebih dapat dicegah.

15. Eksfoliasi Rutin

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah dengan mengeksfoliasi kulit secara rutin. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu cara eksfolasi kaki dapat menggunakan kopi. Selain kopi, Anda juga bisa menggunakan produk scrub kaki yang sudah banyak di pasaran. Lakukan eksfolatasi secara rutin. Namun jangan lakukan lebih dari satu kali seminggu karena dapat membuat kaki menjadi kering atau dapat juga menyebabkan iritasi.

16. Bersihkan Kuku Kaki

Membersihkan dan memotong kuku kaki secara rutin bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki. Jika belum saatnya untuk dipotong, pastikan selalu bahwa kuku kaki Anda dalam keadaan bersih

17. Ganti Kaus Kaki Setiap Hari

Menghilangkan bau kaki memang tidak hanya cukup dengan memastikan kaki bersih saja, tapi alas kaki yang Anda gunakan juga harus bersih.

Usahakan untuk mengganti kaus kaki setiap hari untuk menghindari penumpukan bakteri penyebab bau.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here