Perguruan Karate Goju Ryu Ass Kembali Gelar Latihan Setelah Empat Bulan Terhenti Akibat Covid-19

Puluhan Karateka Perguruan Karate Goju Ryu Ass Kecamatan Cimanggung, usai menggelar latihan perdana, di Aula Kantor Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu 4 Oktober 2020.(kiki andriana)

NOTIF.ID, SUMEDANG – Setelah dihentikan selama empat bulan karena harus menghindari kontak fisik akibat Covid-19, puluhan murid Perguruan Karate Goju Ryu Ass di Kecamatan Cimanggung, kembali menggelar latihan perdana.

Latihan perdana itu dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu 4 Oktober 2020.

Pantauan Notif di lokasi, kegiatan latihan yang diikuti oleh 30 orang tersebut menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak fisik untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Kegiatan latihan sudah dihentikan selama empat bulan lalu, karena harus menghindari kontak fisik. Ini latihan perdana,” kata Hendra Gozu, pelatih Karate Goju Ryu Ass Kecamatan Cimanggung kepada Notif.

Menurut Hendra, kegiatan latihan tersebut terpaksa dilakukannya lantaran pihaknya kerap mendapat keluhan dari murid. Mereka, kata dia, kerap mengeluhkan perasaan jenuh.

Baca Juga:   Ditengah Isu COVID-19, Disbudpar Kota Bandung Gaungkan Hastag #staysafebandung dan #ayokebandung

“Mereka menyampaikan kepada kami (pengurus) ingin berlatih, dan ingin meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya.

Ditambahkan Hendra, tedapat ada sekitar 500 karateka yang tergabung dengan Goju Ryu Ass Kecamatan Cimanggung. Mereka, lanjut Hendra, merupakan murid sekolah dasar (SD), SMP, dan SMA.

“Biasanya, latihannya di sekolah mereka masing-masing, dan kali ini latihannya dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Cimanggung, dan itupun giliran. Tidak semuanya bareng berlatih,” katanya.

Meski begitu, Hendra mengatakan, pihaknya tetap akan memberlakukan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah ketika melaksanakan latihan bersama para karateka.

“Latihannya bergantian, dan setiap kali latihan digelar, latihannya hanya diikuti 30 orang saja,” ucap Hendra seraya berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu agar proses latihan para Karateka bisa berjalan dengan normal dan pertandingan dapat kembali digelar.(kia/ell)

Baca Juga:   Imbas Pandemi Global COVID-19, Industri Hiburan di Korea Selatan Merugi Miliaran Rupiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here