ASN yang Terlibat Politik Praktis Setelah Penetapan Paslon Bupati/Wakil Bupati Bandung Bisa Dikenai Sanksi Pidana

Hedi Ardia Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kab Bandung. (istimewa)

NOTIF.ID, KABUPATEN BANDUNG – Bawaslu Kabupaten Bandung mengingatkan kembali agar ASN di wilayah Pemkab Bandung tak terlibat politik praktis atau terlibat langsung dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Sebab, selain bisa disanksi karea melanggar kode etik dan kenetralitasan, ASN yang terlibat politik praktis bisa terkena sanksi pidana.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, Hedi Ardia menuturkan, sejumlah aktivitas ASN yang bisa menimbulkan terkenanya sanksi antara lain, seperti memberikan like dan komen di postingan media sosial, berfoto dengan pasangan calon, hingga yang lainnya.

“Kenapa Bawaslu merasa perlu menyampaikan ini ke publik, karena kami tidak ingin ASN setelah penetapan calon pada 23 September nanti (melakukan pelanggaran), kami minimalisasi pelanggaran itu,” kata dia Minggu 20 September 2020.

Baca Juga:   ASN Kota Bandung Diperintahkan Untuk Bekerja di Rumah Hingga 31 Maret 2020

Hedi mengatakan, jika ASN melakukan pelanggaran setelag penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati Bandung 2020, maka sudah dipastikan bisa dikenai sanksi di ranah pidana.

“Sekarang (sebelum penetapan) masih kode etik saja, paling sanksi teguran. Tapi kami ingin memberikan pesan, tolong ASN jaga diri jangan kelewatan batas. Nanti 23 September itu argonya jalan. Publik sekarang memantau gerak-gerik anda,” katanya.

Hedi menambahkan selain ASN, para kepala desa, pejabat BUMD/BUMN serta perangkat desa pun harus lebih berhati-hati untuk tidak ikut terlibat politik praktis.

Hedi mengingatkan agar para ASN lebih berhati-hati dan diimbau memahami posisinya sebagai abdi negara dan masyarakat. Sehingga, jangan sampai ikut terlibat politik praktis atau melakukan aktivitas yang menyangkut pelaksanaan pesta demokrasi.(put/ell)

Baca Juga:   Jika Dipercaya Pimpin Kabupaten Bandung, Deny Zaelani akan Sisihkan Gajinya untuk Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here