Gerakan Stop Hate for Profit, Selebritas Dunia Serukan Warganet Puasa Unggah Status di Facebook dan Instagram

Poster Kampanye Stop Hate for Profit. (Foto: Adage)

NOTIF.ID, SELEB – Gemakan Gerakan Stop Hate for Profit, Selebritas Internasional Serukan warganet terutama di Amerika Serikat (AS) untuk puasa mengunggah status apapun pada platform Facebook dan Instagram selama 24 jam pada Rabu ini, 16 September 2020.

Gerakan Stop Hate for Profit pertama kali menggema di Amerika Serikat untuk menuntut perusahaan induk Facebook agar mengambil tindakan dalam mengatasi rasisme, ujaran kebencian, dan disinformasi di platformnya.

Aksi ini dilakukan untuk ‘menyentil’ bos platform media sosial terbesar di dunia itu, Mark Zuckerberg agar tidak membiarkan ujaran kebencian yang kerap muncul di media sosial.

Dilansir dari Tempo.co, Dilaporkan sejumlah selebritas Dunia seperti Leonardo DiCaprio, Kim Kardashian, Demi Lovato, hingga Michael Buble turut menyampaikan pesan tersebut.

Seperti Leonardo DiCaprio, dirinya mengunggah seruan Gerakan Stop Hate for Profit di akun Instagramnya, pada Selasa lalu, 15 September 2020.

“Saya mendukung organisasi hak-hak sipil terkemuka di negara ini – termasuk @ColorofChange, @ADL_National, dan @NAACP – yang hari ini telah meminta semua pengguna Instagram dan Facebook untuk memprotes ujaran kebencian, rasisme, dan perusakan demokrasi di platform tersebut,” ungkapnya.

DiCaprio pun mengakui, ia memang menggunakan Instagram dan Facebook untuk menyerukan kekuatan dari kebaikan bukan kebencian, kekerasan, dan disinformasi.

“Ini harus menjadi kesempatan bagi Facebook agar bekerja dengan organisasi-organisasi ini dan komunitas pada umumnya untuk menjadikannya platform yang lebih baik dan lebih aman bagi semua,” ucap Aktor Hollywood yang juga aktivis lingkungan.

Ajakan puasa Facebook dan Instagram juga diserukan Kim Kardashian, lima jam lalu di akun Instagramnya.

“Saya senang dapat terhubung langsung dengan Anda melalui Instagram dan Facebook, tetapi saya tidak bisa duduk diam sementara platform ini terus membuka penyebaran kebencian, propaganda, dan informasi yang salah – yang dibuat oleh kelompok-kelompok untuk menyebarkan perpecahan dan memisahkan Amerika,” tulis Istri rapper Kanye West ini menjelaskan.

Menurutnya, informasi salah yang dibagikan di media sosial berdampak serius pada pemilihan umum di Amerika Serikat dan merusak demokrasi.

“Silakan bergabung dengan saya besok ketika saya akan membekukan akun Instagram dan FB saya untuk memberi tahu Facebook agar #StopHateForProfit,” tulisnya.

Penyanyi Demi Lovato pun berpendapat, bahwa kebencian yang terus diunggah di media sosial tak boleh dihiraukan lagi.

“Semua informasi palsu yang disebarkan saat ini menimbulkan banyak kerugian,” ujarnya.

Penyanyi asal Kanada, Michael Buble menyerukan puasa Facebook dan Instagram secara singkat.

“Mari bekerja sama dalam membuat Facebook dan Instagram menjadi platform yang lebih baik dan aman untuk semua.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here